Tips Penampilan Pria Agar Sukses Wawancara Kerja

1 year ago / 6559 Views

Berpenampilan rapih saat hari pertama wawancara kerja merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang baik pria maupun wanita. Di hari wawancara tersebut menjadi kesan pertama pewawancara untuk mengetahui pribadi seperti apakah Anda. Walaupun tentu kualitas dalam diri kita memang lebih penting, tetapi kesan pertama juga tidak kalah pentingnya karena itu adalah hal pertama yang dinilai dari Anda.

Tidak hanya wanita, penampilan pada pria juga sama pentingnya. Kunci utama yang paling penting dari standar penampilan wawancara kerja adalah kerapihan dan kesopanan. Sematching atau sekeren apapun gaya Anda, kerapihan dan kesopanan adalah yang no. 1. Karena dengan penampilan yang rapih dan sopan Anda akan terlihat jauh lebih serius terhadap pekerjaan yang Anda lamar.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara berpenampilan yang tepat dan terbaik agar sukses wawancara kerja? Ini tipsnya!

Warna dan gaya pada pakaian

(sumber: pexels.com)

Sadarkah Anda bahwa warna pakaian yang Anda kenakan memberikan kesan berbeda tentang diri Anda? Pilihlah warna yang sesuai dengan gaya Anda. Hindari menggunakan jeans / denim apapun itu pekerjaan yang Anda lamar, bahkan di bidang kreatif sekalipun. Ingat! Karena kesan pertama Anda adalah yang paling penting, meskipun perusahaan tersebut memperbolehkan menggunakan pakaian yang casual sekalipun, pada wawancara pertama kali Anda harus tetap tampil sedikit lebih formal. Untuk pria, cobalah untuk memilih warna pakaian yang gelap agar lebih gagah dan beribawa. Berikut adalah warna-warna serta arti dibalik warna tersebut yang cocok dan disarankan untuk interview kerja bagi pria:

Biru / Biru Navy: Ini merupakan warna yang paling aman untuk dikenakan ketika wawancara kerja. Warna ini menunjukkan percaya diri, serius, dan dapat dipercaya.

Abu-abu: Meskipun abu-abu terkenal sebagai warna yang kurang menyenangkan bagi sebagian orang, ternyata abu-abu menyimpan makna yang baik digunakan ketika wawancara. Abu-abu memiliki arti sebagai warna yang individual yang mana berarti Anda dapat berpikir sendiri / mandiri serta berinisiatif. Anda juga dapat berpikir logis dan memiliki analisis yang baik.

Putih: Warna ini termasuk salah satu warna yang paling aman. Putih memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang well-organized.

Coklat: Anda adalah orang yang dapat diandalakan.

Merah: Memberikan kesan power, energetic, serta keberanian.

Kuning, Hijau, Oranye, Ungu: Anda adalah orang yang kreatif.

Rapih & Sopan

(sumber: pexels.com)

Ini dia yang terpenting. Agar terlihat rapih coba sisir rambut Anda jangan sampai berantakan karena angin ataupun helm yang mungkin tadi Anda gunakan. Masukkan juga sisa baju Anda ke dalam celana agar terlihat tidak acak-acakan. Pastikan kaos kaki Anda juga tidak terlihat longgar atau berwarna kekuningan. Yang terakhir, usahan juga untuk tampil wangi. Wangi yang tepat dapat tercium ketika orang berada di dekat Anda, jangan sampai wangi parfum Anda berlebihan sampai orang dari jarak jauh dapat menciumnya.

Bersih

(sumber: pexels.com)

Selain rapih dan sopan, Anda juga harus memperhatikan kebersihan Anda. Dimulai dari hal yang paling kecil, coba perhatikan kuku Anda, apakah kuku Anda sudah bersih? Begitu juga dengan baju Anda apakah ada bercak atau noda? Perhatikan hal-hal kecil pada diri Anda karena itu sangat berpengaruh pada penampilan Anda. Terutama untuk laki-laki, kuku jari Anda jangan sampai terlihat panjang jika Anda ingin penampilan yang gagah dan beribawa.

Latest News