Jajanan Tradisional yang Kini Hits Kembali

2 years ago / 3906 Views

Apakah waktu kecil Anda sering ke pasar tradisional bersama Ibu Anda dan melihat berbagai macam makanan tradisional favorit Anda? Ya, tentu cemilan tradisional khas Indonesia juga tidak kalah rasanya dengan chiki, keripik ataupun cemilan-cemilan kekinian masa kini lainnya. Rasa rindu akan nostalgia masa kecil membuat jajanan-jajanan ini kembali hits di era modern masa kini.

Indonesia bukan hanya terkenal sumber daya alamnya yang banyak, tetapi dari segi kuliner juga enak dan tiada duanya. Dulu, jajanan kuliner ini sangat mudah ditemukan di mana-mana dan terkenal hits juga di jamannya, tetapi sejak banyaknya kehadiran minimarket dan jajanan-jajanan dari pemasok asing, jajanan legendaris ini sudah semakin tenggelam dan sulit untuk ditemukan.

Fenomena terlahir kembalinya jajanan-jajanan tradisional ini terjadi karena keinginan dan permintaan dari masyarakat. Bukan hanya teknologi yang berkembang, kuliner inipun sekarang ikut diinovasikan dengan rasa-rasa serta penampilan yang unik yang membuat jajanan ini menjadi jajanan kekinian. Bagi pecinta kuliner, semakin unik bentuk penyajiannya, maka semakin menarik untuk dicoba.

Yuk, nostalgia dengan jajanan-jajanan berikut ini!

Bola Ubi


(pergikuliner.com)

Cemilan berbahan dasar ubi ini dulu sangat terkenal dengan kekenyalannya dan rasanya yang manis. Kini, bola ubi dibuat dengan tanpa isi atau kopong, dan menjadi sangat hits di segala kalangan. Tidak lupa ditambahkan dengan gula bubuk yang membuat penampilan serta rasanya semakin menggiurkan dan sulit untuk ditolak. Apalagi bentuknya yang bulat membuat gemas untuk segera menyantapnya.

Kue Cubit

(zonamakan.blogspot.co.id)

Siapa sih yang tidak pernah mencoba kue menggemaskan satu ini? Sesuai dengan namanya, bentuk kue ini membuat kita ingin mencubitnya karena lucu. Di samping itu, rasanya juga enak. Kue ini biasa disajikan sesuai pesanan Anda, ‘matang’ atau ‘setengah matang’. Selain itu, sekarang kue ini berinovasi dengan berbagai macam rasa yang kekinian dari red velvet, green tea, ovomaltine, nutella, dan masih banyak lagi. Bagaimana? Bikin penasaran, bukan?

Serabi

(sumber: mystudyworld.com)

Nah, kalau kue yang satu ini ada yang berasal dari Solo dan Jawa Barat. Kue ini memiliki rupa seperti pancake tetapi hanya di masak satu sisi saja. Serabi Solo berbeda dari serabi Bandung. Serabi Solo biasanya terbuat dari tepung beras dan santan, dan biasanya hanya memiliki pilihan rasa coklat dan original. Sedangkan serabi Bandung memiliki beragam macam rasa maupun cocolannya seperti gula merah, kinca duren, ada yang langsung ditaburkan coklat meses di atasnya, dan lain-lain. Tetapi secara keseluruhan, keduanya mirip karena memiliki tekstur yang lembut juga fluffy dengan pinggiran yang tetap garing jika dimakan. Rasanya yang manis cocok sekali untuk menemani santai sore sambil minum teh di pekarangan rumah.

Martabak

(sumber: tokopedia.com)

Mulai dari martabak manis hingga martabak telur, dua-duanya kembali hits dengan inovasi rasa yang baru. Bagi Anda si pecinta manis, bisa mencoba martabak manis dengan beragam topping dan adonan martabak yang unik seperti red velvet, pandan, nutella, ovomaltine, skippy, stroberi, choco cip, keju, green tea, oreo, dan lain-lain.

(sumber: mulpix.com)

Nah, kalau Anda lebih suka martabak yang asin atau dikenal sebagai martabak telur, Ada satu menu andalan yang membuat martabak ini sangat hits, yaitu martabak telur dengan topping keju mozarella yang asin serta bertekstur lembut dan melted (direkomendasikan untuk makan saat masih panas agar keju tidak kembali memadat). Unik, bukan? Dengan rasa-rasa baru dan inovasi tersebut, harganyapun menjadi sedikit lebih mahal dari martabak yang biasa Anda beli. Tetapi, tidak ada salahnya mencoba, kan?

Seblak

(sumber: cupcakessuntea.blogspot.com)

Siapa sih yang belum tahu tentang kepedasan seblak? Makanan Sunda Jawa Barat ini terkenal dengan pedasnya yang menghebohkan akhir-akhir ini. Sekarang, makanan ini kembali hits di berbagai kalangan karena banyaknya penggemar makanan pedas yang semakin meningkat, terutama generasi milenial. Makan makanan pedas ini merupakan suatu tantangan tersendiri hingga banyak sekali orang yang rela antri berjam-jam hanya untuk mencicipi makanan tradisional Indonesia ini. Luar biasa, kan?

Jika Anda orang Indonesia dan belum pernah mencoba makanan di atas, maka Anda tidak boleh ketinggalan dan harus segera mencicipinya, ya!

Latest News