4 Alat ini Jadi Kunci Produktivitas Kantor dikala Pandemi

1 month ago / 128 Views

Pandemi COVID-19 secara aktif menyebar antar sesama manusia melalui droplet atau cairan yang dihasilkan akibat batuk dan bersin dari subyek yang terinfeksi. Resiko penyebarannya pun banyak terjadi di dalam ruangan indoor dengan ventilasi yang kurang memadai. Seiring dengan meningkatnya laporan kasus positif corona, pandemi ini telah mengganggu kenyamanan aktivitas serta produktivitas berbagai industri, baik dari usaha kecil menengah hingga industri besar.

 

Hal ini tidak terlepas pula dari aktivitas perkantoran, dimana penerapan PSBB seperti awal pandemi pun telah mempengaruhi segala jenis kegiatan yang sebelumnya sudah hampir berjalan normal. Untuk itu, dibutuhkan strategi baik dari sisi psikologis maupun psikis untuk meningkatkan produktivitas para karyawannya, terutama bagi perkantoran yang termasuk dalam 11 bidang industri yang tetap diperbolehkan beroperasi.

 

Berbagai upaya telah dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan sterilisasi di area kantor, mulai dari penyediaan hand sanitizer, tempat cuci tangan, hingga pembersihan rutin. Namun itu semua bertujuan untuk mereduksi penyebaran virus di area kerja, namun apakah hal ini berpengaruh terhadap produktivitas karyawannya?

Produktivitas karyawan dapat dijaga bahkan ditingkatkan dengan tersedianya rasa nyaman dan aman ketika bekerja di kantor. Rasa aman pun dicapai melalui penyediaan peralatan pendukung protokol kesehatan secara memadai, namun sisi kenyamanan dapat diraih apabila area kerja dibuat seolah-olah nyaman, sehingga tidak kalah dengan yang bekerja dari rumah / WFH. Untuk itu, yuk simak poin-poin berikut mengenai peralatan apa sih yang dapat diperbaharui untuk meningkatkan rasa nyaman ketika bekerja di kantor:

  1. Air Purifier

Sterilisasi area kerja tidak hanya dilakukan terhadap permukaan benda, namun juga perlu dilakukan untuk menjamin kualitas udara yang bersih dan sehat. Air Purifier terdiri dari beberapa tipe sesuai kebutuhan sterilisasi udara ruangan, mulai dari yang berukuran portable hingga medium size. Selain itu, terdapat pula produk Air Purifier portable yang dapat digunakan untuk ruang kerja yang kecil seperti meeting room, guna menjamin kualitas udara tetap sehat di ruangan tertutup. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi minimnya ventilasi udara mengingat filter AC pun belum tentu mampu memfilter debu halus serta bakteri / virus dari udara luar.

  1. Paper Shredder

Mesin penghancur kertas atau yang disebut sebagai paper shredder, bisa jadi merupakan salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan sampah kertas yang bertebaran atau memakan tempat. Tentu hal ini menyebabkan kesulitan pembersihan area kerja. Berkumpulnya debu pada kertas bekas dari dokumen yang sudah tidak terpakai, merupakan salah satu penyebab alergi debu pada area kantor. Untuk itu, sebaiknya pengelolaan sampah kertas pun perlu dimaksimalkan guna menghindari tumpukan sampah, yang pada akhirnya dapat memakan tempat area kerja sehingga suasana kerja kurang nyaman.

  1. Kursi Kantor

Walaupun sepele, namun siapa sangka bahwa kasus penyakit punggung bawah atau yang biasa disebut lower back pain, ternyata disebabkan oleh terlalu sering duduk dengan posisi yang cenderung menunduk atau tidak tegak. Faktor biologis disini dipengaruhi oleh kebiasaan kita untuk duduk seperti itu dalam waktu yang lama. Apabila dibiarkan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tentu akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan punggung kita kedepannya. Oleh karena itu, posisi duduk yang tegak dan ideal perlu didukung oleh kursi kantor yang ideal pula. Berbagai macam kursi untuk menunjang lekuk punggung sudah banyak tersedia dengan harga yang masuk akal. Oleh karena itu, kursi kerja yang sesuai dapat meningkatkan kenyamanan badan kita khususnya dalam posisi duduk dalam waktu yang lama.

  1. Scanner

Mesin scanner bukan hal yang baru di situasi pandemi ini, dan bahkan mungkin kamu bertanya-tanya mengapa scanner menjadi salah satu bagian dalam artikel ini. Sebetulnya kebutuhan scan dokumen akan tetap berjalan meskipun banyak kantor yang menerapkan WFH. Jadi mesin scanner disini tidak hanya untuk penggunaan di kantor, melainkan juga bagi kamu yang sedang WFH. Dengan kehadiran scanner, dokumentasi yang berhubungan dengan pekerjaan maupun aktivitas lainnya dapat ditunjang tanpa harus menunggu jadwal shift ngantor. Selain itu, dengan hadirnya mesin scanner yang portable dan juga terjangkau, bukan alasan lagi bagi yang masih mengeluh terkait harganya yang mahal. Percaya deh, investasi produktivitas dengan mesin scanner bukan hal yang sia-sia, karena akan terus digunakan untuk waktu yang lama.

 

Peralatan-peralatan diatas bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan kita, baik yang bekerja dari kantor, maupun di rumah. Dengan tantangan bisnis di era pandemi ini, kita semua diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih dan produktivitas lebih pula, baik dari segi ide, kreatifitas, efisiensi, dan hal lainnya. Semua hal positif yang kita lakukan akan berujung pada keberhasilan perusahaan serta diri sendiri, mengingat situasi pandemi ini sudah banyak menelan korban. Oleh karena itu, kita sebagai survivor perlu beradaptasi di situasi ini, mulai dari keamanan dan kenyamanan diri sendiri ketika bekerja.

Latest News