Rahasia Agar Tetap Sehat di Tengah Kesibukan Kerja yang Padat

2 years ago / 642 Views

Ada saatnya aktivitas di kantor akan terasa sangat sibuk dan padat apalagi menjelang akhir bulan dan deadline. Rasanya makan dan minum saja sampai lupa dan tidak sempat. Di tengah kesibukan tersebutlah yang menjadi celah serta alasan bagaimana Anda bisa sakit. Terkadang, Anda harus mementingkan kepentingan diri Anda sendiri dibanding kepentingan kerja. Jika Anda sakit, maka bukan hanya Anda yang merasakan kesakitannya, tetapi pekerjaan Andapun ikut terlantar dan tidak bisa selesai tepat waktu.

Untuk Anda yang bekerja di dalam kantor, memang saat berada di dalam kantor Anda bisa terbebas dari segala polusi dan teriknya matahari serta bahaya-bahaya lainnya. Tetapi jangan salah, aktivitas di dalam kantor juga bisa menimbulkan masalah. Penyakit datang bukan hanya dari luar, tetapi dari dalam juga, bagaimana Anda menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan kuat dari serangan penyakit. Berada di ruangan AC terlalu lama juga bisa menimbulkan penyakit, terlebih apabila tempat duduk Anda berada / langsung berhadapan dengan AC. Sedangkan, untuk Anda yang bekerja di luar kantor juga harus waspada dengan serangan penyakit yang bisa datang dari mana saja asalnya. Lalu, apa sih rahasianya agar tetap sehat dan fokus saat bekerja?

Makan teratur


(sumber: nextadvisor.com)

Menjaga pola makan alias makan dengan teratur ini adalah salah satu kunci agar tubuh tetap sehat. Jika Anda tidak makan dengan teratur atau telat makan, maka Anda dengan mudah memancing sakit maag untuk datang. Bukan hanya penyakit maag, tetapi juga penyakit lainnya yang menyebabkan Anda sulit fokus pada pekerjaan Anda hingga bisa-bisa Anda tidak masuk kerja.

Selain teratur, Anda juga perlu menjaga makanan. Ingat bahwa tidak semua makanan itu sehat bagi tubuh Anda, dan jangan makan berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dampaknya.

Jangan sampai Anda melewatkan sarapan dan makan siang, setidaknya asupan karbohidrat atau protein agar Anda memiliki tenaga untuk bekerja maupun berpikir. Coba siapkan makanan dari rumah, selain makanan terjaga, Andapun bisa ikut berhemat dan tidak membuang waktu Anda untuk mencari makanan di luar kantor atau tempat lain.

Bagi beberapa orang, ngemil di tengah jam kerja akan membuat mereka lebih fokus pada pekerjaan mereka dan menghindari diri dari penyakit maag. Tapi jangan salah, hal ini bisa menyebabkan obesitas, diabetes, atau bahkan penyakit lainnya. Ngemil bukanlah masalah besar, tetapi junkfood yang membuatnya menjadi masalah. Coba hindari cemilan berupa junkfood atau goreng-gorengan yang dapat membuat tubuh Anda tidak sehat.

Minum Air yang Banyak


(sumber: stylecaster.com)

Tubuh Anda selalu membutuhkan cairan. Jangan sampai aktivitas kantor yang melelahkan juga membuat tubuh Anda dehidrasi. Hal ini merupakan yang terpenting dalam menjaga tubuh tetap fit dan sehat, karena kekurangan cairan atau dehidrasi menimbulkan pusing dan kesulitan fokus pada pekerjaan, sehingga kerja Anda tidak maksimal.

Perbanyak minum Anda dengan membawa botol Anda sendiri. Menurut survei, orang-orang yang bekerja di kantor akan lebih sering minum dengan menggunakan botol / gelasnya sendiri ketimbang yang menggunakan air kemasan.

Jangan terlalu lama duduk dan berhadapan dengan komputer


(sumber: shutterstock.com)

Kerja keras memang harus, tetapi bukan berarti Anda harus duduk diam di tempat selama berjam-jam tanpa bangun dari tempat duduk Anda. Jika pekerjaan Anda yang harus berhadapan dengan komputer terus menerus, coba istirahatkan mata Anda sebentar saja dengan menatap sekeliling Anda sebentar atau alihkan pendangan dari depan layar komputer yang dapat merusak mata Anda.

Duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan sakit pinggang loh, seberapapun nyamannya kursi Anda. Ketika Anda sering mengalami sakit pinggang, coba jalan-jalanlah sebentar sekitar kantor dengan ke toilet atau mengambil minum. Dan duduklah yang tegak serta luruskan kedua kaki Anda agar tidak kaku atau keram.

Untuk keperluan kotak makan, botol minum hingga  alas duduk empuk untuk di kantor, Anda bisa menemukannya dengan praktis di ruparupa.com.

Latest News