Yoga Buat Hidup Lebih Bahagia, Mitos atau Bukan?

3 months ago / 459 Views

Sejak awal, manusia telah didorong oleh satu motivasi sederhana namun juga kompleks: kebahagiaan. Tapi, apa arti dari kebahagiaan? Kamus Oxford mendefinisikannya sebagai perasaan atau ekspresi yang menunjukkan kesenangan atau kepuasan. Meskipun demikian, kita tahu bahwa kebahagiaan yang sesungguhnya lebih dari tertawa satu atau dua kali. Ini adalah keadaan di mana kepuasan dan rasa terima kasih yang lebih berkelanjutan dalam hidup kita. Motivasi ini terbangun setiap pagi dan memberikan Anda alasan untuk memulai hari yang baru.

(Sumber: www.gaiam.com)

(Sumber: www.gaiam.com)

Apa benar yoga bisa membuat kita bahagia?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga yoga memiliki efek positif pada kebahagiaan seseorang. Melalui survei oleh bookyogaretreats terhadap lebih dari 650 orang yang telah melakukan yoga, mereka memahami dampak yang terjadi dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Ada 88,4% orang setuju bahwa yoga telah meningkatkan kebahagiaan mereka. Sementara 59% sangat yakin bahwa yoga sangat membantu mereka merasa lebih baik dan bahagia. Dan ketika kita merasa bahagia, segala sesuatu di sekitar kita juga berubah, dan secara keseluruhan ada 61,5% responden yang tidak meragukan bahwa yoga telah mengubah kehidupan mereka secara total.

Dan biasanya para yogi (orang yang ahli olahraga yoga) merasa hidup mereka jauh lebih bahagia. 51% orang yang ahli yoga di tingkat yang lebih tinggi mengaku kebahagiaan mereka ada pada tingkat 5 dari skala 1 sampai 5. Dan 37% menilai kebahagiaan mereka ada di tingkat 4. Secara rata-rata, ada 88% yogi yang merasa hidupnya benar-benar bahagia setelah melakukan olahraga yoga setelah waktu yang lama.

Mengapa dan bagaimana yoga bisa meningkatkan kebahagiaan?

Jika Anda melakukan olahraga yoga secara komitmen, Anda sudah merasakan manfaatnya. Tapi jika Anda masih mencobanya, Anda mungkin bertanya-tanya, kok bisa? Ada satu penemuan yang menjelaskan bahwa yogi dari segala tingkatan yang berlatih sebulan sekali mengklaim bahwa motivasi utama mereka untuk melakukannya adalah membantu menyembuhkan luka, merelaksasikan diri, dan memperdalam spiritualitas serta meningkatkan kesehatan fisik juga kebugaran. Hal ini menunjukkan bahwa sekali orang mencoba yoga untuk pertama kalinya, mereka menemukan bahwa yoga lebih dari sekedar olahraga kebugaran biasa, tetapi lebih dari itu.

Karena bagaimanapun Anda mencoba menyelesaikan olahraga ini, akan terasa lebih mudah jika Anda berpikir bahwa ini merupakan aktivitas peningkat kebahagiaan. Tapi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, berikut adalah 3 faktor yang dipahami oleh Harvard Study dan dibandingkan dengan manfaat yoga:

  • Pilihlah untuk tetap berbahagia dengan apapun yang Anda lakukan

Yoga mengajarkan kita untuk lebih menikmati berada di sini dan saat ini. Dan ketika yogi mengambil filosofi dalam kehidupan sehari-hari mereka, segala hal terasa lebih mudah dan nikmat ketika dilakukan, tidak peduli seberapa sulitnya hal tersebut. Jangan sampai pemikiran negatif mempengaruhi energi positif Anda dan membuat hidup Anda menjadi tidak bahagia, apalagi oleh hal-hal kecil.

(Sumber: livehappy.com)

(Sumber: livehappy.com)

 

  • Perkuat hubungan terdekat Anda

 

Apakah ada hubungan yang lebih dekat daripada hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri? Yoga mengajarkan Anda untuk menerima diri Anda sendiri, tanpa penilaian dan cinta tanpa syarat kepada tubuh serta pikiran kita. Begitu kita merasa nyaman pada diri kita, maka mendekatkan diri dengan orang lain akan terasa jauh lebih mudah. Selain itu, kelas yoga juga menjadi tempat yang baik untuk bersosialisasi dan membangun persahabatan baru.

 

  • Menjaga diri Anda

 

Yoga memiliki manfaat yang melimpah. Pada akhirnya, yoga juga merupakan olahraga fisik yang melibatkan otot, serta meningkatkan fleksibilitas dan memperbaiki sistem peredaran darah dan pencernaan. Dengan menambahkan bagian spiritual  dan relaksasi yang melepaskan stres, ini merupakan aktivitas yang membantu Anda menjaga diri Anda dengan baik. Jika dari sisi finansial, Anda mungkin tidak terlalu senang dengan harga yang kelas yoga tawarkan. Tapi kabar baiknya adalah pada akhirnya Anda bisa menjadi guru yoga dan menghasilkan uang dari olahraga itu sendiri.

Seperti yang Anda lihat, yoga mencakup tiga aspek kebahagiaan hingga batas tertentu. Sekarang, Anda sudah tahu kan kenapa yoga bisa membuat Anda lebih bahagia? Dan terlebih lagi, penelitian juga menegaskan bahwa kita harus menghargai cinta di atas segalanya untuk lebih bahagia. Tahukah Anda arti dari kata Namaste (kata yang biasa para yogi katakan pada saat setelah melakukan olahraga yoga)? Namaste berarti “cahaya dalam dalam diri saya menghormati cahaya ilahi di dalam diri Anda” atau dalam bahasa Inggris “the divine light in me honors the divine light in you.” Apakah ada ekspresi cinta yang lebih besar dari kata-kata ini?

Latest News