7 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Memelihara Anak Anjing

2 months ago / 257 Views

Menemukan produk yang sempurna untuk anak anjing Anda terkadang bisa menyulitkan - dan ada tersedia dalam banyak pilihan. Ketika Anda berkunjung ke pet shop, Anda akan menemukan beragam kebutuhan hewan, seperti: makanan, tempat tidur mewah, mainan premium dari segala bentuk dan ukuran, bahkan Anda juga bisa menemukan aksesoris hewan yang fashionable dari yang biasa hingga rancangan para designer, loh! Tapi bagaimanapun juga, sebagai permulaan, berikut adalah hal yang diperlukan anjing Anda supaya terasa nyaman saat tinggal di rumah Anda.

Kandang

Memiliki kandang adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik anjing demi menjaga teman baru Anda di area terbatas tempat Anda dapat memantau dan mengawasinya. Anda akan membutuhkan kandang / carrier / pagar ketika Anda membiarkannya tinggal di dalam rumah Anda. Mengapa? Karena memiliki anak anjing juga sama seperti memiliki anak bayi yang harus Anda perhatikan terus menerus.

Travel carrier biasanya terbuat dari berbagai bahan, termasuk stainless steel, plastik, dan fiberglass. Meskipun kandang dengan bahan stainless steel akan bertahan seumur hidup, kandang dengan plastik dan fiberglass yang ringan akan lebih memberikan keamanan pada anak anjing Anda ketika Anda membawanya bepergian saat mengemudi ataupun terbang. Biasanya travel carrier menjadi tempat yang nyaman dan hangat bagi para anak anjing, apalagi jika Anda melengkapinya dengan tempat tidur empuk atau selimut.

Saat memilih kandang atau carrier, pastikan anak anjing Anda bisa berdiri, berbaring, dan berbaring di dalamnya. Meskipun anjing biasanya lebih menyukai tempat yang tertutup, tapi mereka juga membutuhkan ruangan, walau tidak terlalu luas, tapi agar terasa lebih nyaman. Anda juga bisa memilih kandang yang lebih besar dari anak anjing Anda, agar kandangnya masih bisa muat hingga mereka dewasa dan bertumbuh besar.

(Sumber: https://www.onenewspage.com/video/20180201/9601515/Corgi-puppy-has-serious-case-of-cuteness-overload.htm)

(Sumber: https://www.onenewspage.com/video/20180201/9601515/Corgi-puppy-has-serious-case-of-cuteness-overload.htm)

 

Tempat tidur anjing

Pada malam pertama kali anak anjing sampai di rumah Anda, dia pasti membutuhkan tempat tidur yang nyaman untuk membaringkan tubuhnya. Biarkan dia tidur pada kandang / areanya dengan memberikan tempat tidur yang empuk dan nyaman juga selimut yang hangat agar mereka dapat tidur dengan nyenyak.

Pilihlah tempat tidur yang nyaman dan empuk. Tempat tidur anjing bisa terbuat dari bantal, sofa, bahkan kasur busa yang berukuran sebesar anak anjing Anda - Anda juga bisa menyesuaikannya dengan dekorasi rumah Anda. Dan yang terpenting, pastikan tempat tidur anjing Anda bisa dicuci.

Jika anak anjing Anda suka menggigit atau mengunyah tempat tidurnya hingga busanya keluar dan berserakan, jangan biarkan itu terjadi karena jika ia menelan busanya dapat menyebabkan penyumbatan usus. Lebih baik ganti tempat tidur dengan selimut atau handuk yang tebal hingga ia telah melewati fase keinginan mengunyahnya.

(Sumber: https://www.news18.com/news/buzz/cuteness-overload-pregnant-dachshund-gets-maternity-shoot-done-and-gives-birth-to-5-puppies-soon-after-1225616.html)

(Sumber: https://www.news18.com/news/buzz/cuteness-overload-pregnant-dachshund-gets-maternity-shoot-done-and-gives-birth-to-5-puppies-soon-after-1225616.html)

 

Collar (ikat leher) & rantai anjing

Anak anjing Anda akan membutuhkan rantai dan ikat leher ini ketika Anda akan membawanya pulang atau saat berjalan bareng bersamanya - baik itu polos atau mewah - yang terpenting adalah Anda harus memberikan name tag pada ikat leher mereka, dan mencantumkan nama, alamat, serta nomor telepon Anda. Jadi, jika worst case, suatu saat Anda kehilangan mereka, setidaknya orang yang menemukan anak anjing Anda tahu harus kemana dia mengembalikan anjing kesayangan Anda.

Untuk bahan ikat leher, pilihlah jenis nilon yang dapat disetel dengan dua buckle. Ikat leher harus disesuaikan hingga pas di leher anak anjing Anda sehingga tidak licin dan mencekik leher anjing Anda. Ukuran yang ideal adalah ketika Anda bisa menyelipkan dua jari di antara ikat leher tersebut. Seiring anak anjing Anda bertambah dewasa, jangan lupa untuk juga mengganti talinya, ya!

Mangkuk makanan dan air

Mangkuk makanan dan air untuk anjing peliharaan Anda adalah hal terpenting yang selanjutnya. Tersedia dalam banyak variasi, dari piring keramik, stainless steel, plastik, hingga mangkuk kaca. Nah, dari beragam material tersebut pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri.

Pilihan yang paling murah adalah mangkuk plastik. Sementara sebagian besar dibersihkan dan di sanitasi di mesin cuci piring, plastik bisa menampung bakteri dan residu, terutama di daerah penyok atau goresan pada permukaan. Jika Anda memilih mangkuk plastik, pilihlah mangkuk yang lebih keras dan tahan di mesin pencuci piring. Jika mangkuk sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, gantilah dengan mangkuk yang baru.

Mangkuk keramik dan kaca cenderung lebih berat sehingga mereka tidak bisa menjadikannya mainan, tapi harganya cukup mahal - belum lagi jika pecah - dan pecahan keramik tersebut bisa membahayakan anjing Anda. Jika Anda memilih mangkuk keramik, pastikan mangkuk aman dicuci dengan mesin pencuci piring dan bebas timah.

Sedangkan mangkuk stainless steel, meski pada umumnya ini yang paling mahal, namun ini adalah pilihan terbaik. Mangkuk berbahan ini lebih kuat, mudah dibersihkan, dan biasanya terlalu keras dan besar untuk mereka gigit-gigit dan masukkan ke mulutnya.

Perlengkapan grooming

Meskipun dia masih kecil, anak anjing Anda perlu dipersiapkan dan belajar bagaimana berperilaku selama proses ini berlangsung. Bulunya juga perlu dicuci, disisir, dan disikat secara teratur. Begitu juga dengan kuku kakinya yang harus dipangkas, telinganya dibersihkan serta sikat gigi. Bersiaplah untuk rutin melakukan perawatan ketika Anda akan memliki anak anjing, dan siapkan juga perlengkapan perawatan ini agar mengerti cara menggunakannya dengan benar:

  1. Pengering rambut
  2. Sikat bulu
  3. Sisir
  4. Bola kapas
  5. Pembersih telinga
  6. Gunting kuku
  7. Shampoo dan kondisioner
  8. Bedak anjing
  9. Sikat gigi dan pasta gigi anjing
  10. Handuk

(Sumber: https://dogonefun-dog-blog.weebly.com/chicago-dog-blog/what-you-should-know-about-puppy-grooming)

(Sumber: https://dogonefun-dog-blog.weebly.com/chicago-dog-blog/what-you-should-know-about-puppy-grooming)

 

Makanan dan snack

Anak anjing memang biasanya berukuran kecil, tapi jangan remehkan selera makannya yang besar dan permintaan kalori yang besar untuk memberi energi kepada tubuhnya untuk mengembangkan tulang, organ, kulit, dan bulu yang sehat. Akibatnya, selama 12 bulan pertama umur anak anjing, Anda harus memberikan makanan terbaik dan diet khusus yang dapat fokus memenuhi kebutuhan nutrisi dan energinya.

Diet khusus ini diformulasikan untuk anak anjing atau untuk “masa pertumbuhan dan perkembangan.” Pembuat makanan biasanya memahami bahwa anak anjing memang memiliki kebutuhan spesifik, jadi mereka menggabungkan persyaratan gizi tersebut - campuran protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang tepat. Ahli gizi hewan mencatat bahwa anak anjing harus memiliki bahan spesifik ini dalam makanan mereka agar tumbuh menjadi anjing dewasa yang sehat.

Jika Anda tidak yakin tentang makanan apa yang cocok untuk anak anjing Anda, coba tanyakan pada dokter hewan Anda, atau toko hewan peliharaan yang berpengetahuan luas.

Mainan

Anak anjing menyukai mainan yang bisa dikategorikan menjadi mainan kunyah yang memuaskan keinginan mereka menggigit-gigit karena giginya yang sedang dalam masa pertumbuhan, contohnya seperti mainan karet, boneka, bola, tulang-tulangan dan semacamnya yang bisa memberi kenyamanan bermain pada anjing.

Terlepas dari semua pilihan mainan di toko hewan peliharaan Anda, sebaiknya Anda hanya membeli mainan anak anjing yang kuat, tahan lama, dan khusus untuknya. Jika anak anjing Anda menghancurkan mainannya, segera buang mainan yang rusak itu karena jika tertelan oleh mereka, akibatnya akan sangat berbahaya.

Beli barang-barang ini sebelum anak anjing Anda tiba di rumah Anda agar bisa diatur terlebih dahulu - terutama karena Anda pasti akan terlalu sibuk bermain dengannya! Dengan 7 hal ini Anda akan siap menyambut anak anjing Anda ke rumahnya yang baru.

 

Sumber: https://www.cesarsway.com/dog-care/puppy/8-must-have-puppy-products-for-you

Latest News