Tips Merajut Untuk Pemula Dengan Budget Pas-pasan

2 years ago / 6890 Views

Saat ini merajut bukan hanya hobi bagi para orang tua, tapi juga untuk generasi muda atau milenial. Kini sudah banyak karya rajutan generasi muda dengan mengembangkan dan menginovasikan metode-metode rajutan hingga tercipta pattern-pattern baru. Namun, bagi beberapa pemula, merajut bukanlah hobi yang terjangkau karena membutuhkan modal yang cukup mahal. Di Indonesia, alat rajutan dan benang kebanyakan diimpor dari negara lain dan tersedia di mal, sehingga harganya sangat meningkat drastis. Begitu kita bisa menemukannya di luar mal, kualitasnya malah sangat jauh dari ekspektasi. Nah, berbicara soal uang, berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda menurunkan biaya yang diperlukan untuk mulai belajar merajut.

(sumber: pinterest.com)

Pilihlah jarum rajut yang tepat. Anda harus sangat picky dan berhati-hati saat memilih jarum rajut. Mulai dari jenis, ukuran, hingga bahannya karena masing-masing memiliki kisaran harga yang berbeda. Untuk jenisnya, tergantung pada apa yang akan Anda buat. Bisa berupa jarum tunggal, jarum ganda, atau jarum melingkar. Terkadang, kita tidak harus mengikuti peraturan merajut yang harus menggunakan jarum yang sesuai untuk pola yang tepat. Selama Anda memahami pola dengan baik, maka Anda bisa menciptakan sebuah pola dengan metode baru. Selain itu, ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan merajut Anda. Untuk ukuran jarumnya, semakin kecil ukurannya, semakin murah harganya. Ukuran ideal bagi pemula untuk memulai rajutan pertama mereka adalah ukuran 4. Kemudian, untuk bahannya, tersedia banyak jenis bahan: bambu, baja, kaca, plastik, alumunium, dll. Untuk pemula, dianjurkan untuk menggunakan bambu karena bambu merupakan bahan yang paling tradisional dan tidak termasuk dalam kategori yang mahal.

(sumber: pinterest.com)

Beli benang dengan kualitas yang biasa saja. Selain alatnya, yang paling mahal berikutnya adalah benangnya karena Indonesia bukanlah salah satu negara penghasil benang rajutan. Benang juga hadir dalam berbagai bahan dan kualitas juga. Tanpa diragukan lagi, tentu semakin mahal harganya, semakin baik kualitasnya. Namun, untuk mulai belajar merajut Anda tidak perlu menggunakan benang kualitas terbaik. Poin utamanya bukanlah hasilnya, tapi proses pembuatan itu sendiri. Benang yang berkualitas dan mahal tidak akan menjanjikan Anda hasil yang terbaik juga. Beberapa orang sering salah paham soal harga dan kualitas. Sebenarnya, banyak pengrajut biasanya memilih benang berdasarkan pada apa yang akan mereka buat terlebih dahulu daripada membingungkan tentang kualitasnya.

(sumber: pinterest.com)

Belajar lewat tutorial untuk pemula melalui internet. Tidak banyak toko benang atau toko rajutan yang menyediakan pelajaran merajut dasar secara gratis di tokonya. Mereka biasanya menawarkannya setelah pelanggan membeli sesuatu dari toko mereka. Namun, sebagian besar beberapa toko rajutan membuka kursus merajut khusus dan Anda harus membayar setiap pertemuan yang akan hadiri. Tak heran bila merajut dikategorikan sebagai hobi yang mahal karena kita harus membayar begitu banyak hal hanya untuk mempelajarinya. Di era teknologi ini, internet adalah sumber yang paling ampuh untuk mencari apapun. Anda bisa mencari tutorialnya dan mempelajarinya sendiri. Ini lebih menantang dan tentu saja menghemat uang Anda sangat banyak! Tidak perlu takut gagal saat Anda belajar karena setiap pengrajut harus memiliki pengalaman itu agar lebih baik lagi. Apalagi Anda bisa mengulang video tutorial di internet selama jutaan kali tanpa khawatir dicharge oleh tutornya.

Prinsip merajut yang sesungguhnya yaitu bukanlah budgetnya, tetapi niat dan kesabaran yang kuat. Tanpa hal itu, Anda tidak akan bisa bertahan merajut karena merajut bukanlah hobi yang mudah dan remeh seperti yang Anda bayangkan. Merajut tidak harus mahal, itu tergantung bagaimana Anda memilih alat dan benangnya. Lagipula, membelanjakan uang untuk sesuatu yang produktif itu layak kok.

Latest News