3 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memasuki Dunia Kerja

2 years ago / 1687 Views

Dunia kerja merupakan titik awal di mana Anda memulai tantangan hidup yang sesungguhnya. Memiliki pekerjaan tetap dengan gaji yang lebih dari cukup adalah impian setiap orang. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan hidup dan hidup yang lebih baik, Anda harus serius dalam menempuh karir dan merencanakan masa depan Anda. Untuk mencapai kesuksesan ini, usaha dan kerja keras saja tidaklah cukup, Anda juga membutuhkan mental yang kuat dan pemikiran yang matang. Sebelum Anda memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, berikut adalah 3 hal yang perlu Anda ketahui dan butuhkan dari dunia kerja.

Keahlian / skill


(sumber: translatemedia.com)

Skill adalah hal mutlak yang harus Anda miliki sebelum melamar pekerjaan. Dengan keahlian yang Anda miliki, Anda dapat menentukan pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan apa yang Anda bisa. Memang dunia kerja merupakan tempat yang bisa membuat kita belajar dan mendapatkan pengalaman. Tetapi poinnya bukan itu. Dunia kerja merupakan sebuah persaingan, di mana Anda harus berkembang dari kemampuan Anda yang sebelumnya untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda tidak memiliki keahlian / sesuatu yang Anda bisa, Anda tidak mungkin dapat diterima di suatu perusahaan. Jika Anda masih bingung apa keahlian Anda, coba kenali diri Anda yang sesungguhnya dari apa yang Anda suka dan Anda bisa, Anda harus menemukan 1-2 hal yang Anda kuasai karena hal tersebut pasti ada dalam diri Anda.

Karakter


(sumber: picquery)

Apakah Anda pernah mendengar istilah workforce diversity? Workforce diversity adalah perbedaan-perbedaan yang terjadi di dalam dunia kerja berdasarkan umur, latar belakang, budaya, ras, agama, jenis kelamin, dan sebagainya. Di dalam perbedaan-perbedaan itu, terdapat juga perbedaan karakter. Dalam dunia kerja, Anda harus memahami karakter setiap orang dengan seksama agar Anda dapat beradaptasi dengan mudah di tempat kerja baru. Selain karakter orang lain, Anda juga perlu memiliki karakter yang baik, ramah, serta terbuka akan segala situasi dan kondisi. Karakter setiap orang di dunia kerja sangatlah beragam, maka suka atau tidak suka, Anda harus bisa menghadapi orang-orang seperti itu. Di sinilah mengapa mental Anda harus kuat.

Lingkungan Kerja


(sumber: associationsnow.com)

Kantor merupakan tempat Anda menghabiskan sepertiga hidup Anda. Hampir setiap harinya Anda harus bekerja di sana, oleh karena itu Anda harus memperlakukan kantor sebagai rumah kedua Anda, dan rekan kerja adalah keluarga Anda. Anda akan bekerja sama dengan banyak orang untuk mewujudkan visi & misi perusahaan, oleh karena itu Anda harus bisa beradaptasi bukan hanya pada rekan-rekan kerja Anda, begitu juga tempat kerja Anda karena setiap kantor memiliki budaya yang berbeda-beda yang belum tentu Anda sukai. Jika Anda tidak nyaman di tempat kerja Anda, dampaknya bukan hanya pada Anda, tetapi juga pada perusahaan karena hasil kerja yang menurun atau tidak memuaskan.

Sebelum mengirimkan CV Anda, coba pastikan lagi apakah Anda sungguh-sungguh sudah siap untuk memasuki dunia kerja dan menghadapi segala rintangannya?

Latest News