3 Hal yang Wajib Diketahui Oleh Lulusan Baru

3 years ago / 1139 Views

“Time flies.” Percayakah Anda dengan kutipan tersebut? Ya memang waktu berjalan begitu cepat, rasanya seperti baru kemarin lulus SMA dan lanjut ke kuliah, dan sekarang sudah harus mengenakan pakaian kerja. Fakta yang mengkhawatirkan pun mulai menerpa pikiran Anda: hanya dalam beberapa minggu yang singkat, Anda akan maju dari gaya hidup yang telah Anda habiskan selama dua puluh tahun untuk belajar - siap memiliki tanggung jawab dan mampu menentukan pilihan penting. Selamat datang di kedewasaan.

Pergeseran gaya hidup dari mengikuti ulangan hingga berubah menjadi membayar tagihan merupakan suatu transisi besar. Anda harus belajar menyeimbangkan tanggung jawab, prioritas, dan gaya hidup Anda. Anda harus mengatur pengeluaran Anda, mengurus diri sendiri, dan menemukan jalur karir yang tepat. Dan Anda akan menghadapi sejumlah pilihan yang luar biasa.

Ini adalah jalan yang sangat bebas dan luas, tapi tidak selalu mudah. Anda harus mengerti bahwa tersesat dan tidak tahu arah ketika baru memulai itu wajar. Kabar baiknya adalah, Anda tidak harus belajar segala hal dengan cara yang sulit. Berikut adalah beberapa hal berguna yang mungkin dapat membantu Anda agar siap memasuki dunia kerja.

Jadilah orang yang open-minded

(sumber: pexels.com)

Saat ini, kehidupan ada di depan Anda. Untuk sekarang, Anda masih akan memiliki sedikit batasan pada jalur apa yang bisa Anda pilih - jauh lebih sedikit daripada yang akan ada di kemudian hari. Tahun-tahun pasca sarjana, ketika Anda masih muda, ambisius, dan penuh energi, adalah saat terbaik untuk mencoba karir yang berbeda dan mengejar impian hidup Anda.

Jadi jangan takut untuk mencoba hal baru. Tulislah rencana karir ataupun bisnis yang Anda inginkan. Pergi berlibur ke tempat sejauh mungkin. Atau mungkin, jalin hubungan dengan orang yang benar-benar bukan tipe Anda. Dengan setiap pengalaman baru, Anda akan mendapatkan pertumbuhan, pengetahuan, dan akhirnya, rasa aman dalam diri Anda. Dan ingat bahwa, untuk menemukan jalan yang terbaik untuk Anda, Anda juga harus menemukan jalan yang salah.

Wajib bisa merawat diri sendiri

(sumber: pexels.com)

Dengan kerja keras dan kehidupan sosial, Anda akan mudah dan sering kali lupa dengan tubuh Anda yang membutuhkan waktu istirahat / charging agar bisa terus berkembang.

Ketahuilah bahwa Anda tidak harus bekerja banting tulang agar menjadi orang sukses di dunia ini, dan jangan sampai waktu tidur Anda menjadi suatu hak yang sangat istimewa atau kemewahan. Tidur adalah hak Anda dan hal yang tidak dapat dinegosiasikan. Jika Anda ingin menghindari rasa lelah, menyesuaikan diri dengan waktu beristirahat sangatlah penting.

Jangan mudah menyerah

(sumber: pexels.com)

Hidup terus berubah. Tepat ketika Anda berpikir bahwa Anda telah menyelesaikan sebuah pekerjaan, realita mudah saja berbalik dari atas ke bawah. Realita terkadang mengejutkan.

Tapi jika Anda memiliki keberanian dan kekuatan untuk bertahan melewatinya, Anda akan segera menyadari bahwa hampir tidak ada yang tidak dapat Anda tangani. Entah Anda berurusan dengan bos yang galak, baru saja putus, atau terbelit dengan hutang, mengatasi tantangan di dunia benar-benar membuat Anda menjadi orang yang lebih kuat dan berpengalaman.

Dan terlepas dari semua perubahan dan kesulitan tersebut, kabar baik tentang menjadi orang dewasa adalah ini: luar biasa menyenangkan. Jadi, jalani hidup Anda sepenuhnya. Tentu, ini sebuah mantra yang pasti sering Anda dengar di mana-mana, tapi ada benarnya juga: tidak ada sensasi yang lebih besar daripada mengendalikan takdir Anda sendiri sepenuhnya.

Latest News