Cara Membuat CV Menarik Agar Cepat Dilirik HRD

3 years ago / 1164 Views

Sebuah HRD perusahaan setiap harinya menerima puluhan bahkan ratusan CV pelamar kerja, dan mungkin CV Anda termasuk salah satunya. Dari puluhan ataupun ratusan CV tersebut, tentu Anda harus memiliki poin yang berbeda dari CV pelamar lainnya.

Tahukah Anda, bahwa menurut penelitian rata-rata HRD hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit untuk memutuskan Anda layak atau tidak untuk maju ke tahap selanjutnya berdasarkan yang mereka lihat dari CV Anda. Ada beberapa poin-poin yang mereka utamakan dan highlight saat membaca CV. Tetapi tentu saja, penampilan CV Anda secara visual juga penting. CV Anda harus bisa menarik perhatian HRD untuk membacanya dengan seksama karena CV Anda mencerminkan pribadi Anda.

Oleh karena itu, berikut adalah tips dan cara membuat CV menarik agar cepat dilirik oleh HRD:

Harus rapih

CV yang berantakan adalah CV yang paling tidak disukai oleh HRD. Hal ini membuat mereka sulit untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Sebaiknya, Anda memberi susunan pada CV Anda agar mempermudah HRD membacanya dan straight to the point. Untuk memberi kesan mudah dan ringkas, Anda bisa memberikan poin atau pembatas pada deskripsi agar mudah dibaca.

Singkat, jelas, padat

Pengalaman yang banyak dan keterangan yang detil memang diwajibkan di dalam CV. Tetapi, bukan berarti Anda harus menuliskan segalanya di sana. Detil bukan berarti harus panjang dan rumit, gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti dan tidak terlalu panjang, namun dapat mencakup semua hal yang ingin Anda katakan. Coba juga pilih dan hapus kata-kata yang tidak begitu penting dan tidak berkaitan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Jika Anda ingin melamar di suatu bidang pekerjaan, namun tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan sama sekali di bidang tersebut, HRD juga akan berpikir dua kali untuk memanggil Anda.

Memiliki tujuan jelas

Daripada menulis suatu hal yang standar dan sudah jelas seperti “ingin menambah pengalaman dan mengembangkan pengetahuan”, lebih baik jika Anda fokus pada pekerjaan yang ingin Anda lamar. Jabarkan pengalaman Anda yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut untuk menambah nilai plus pada diri Anda yang membuat HRD merasa yakin untuk memanggil Anda ke tahap selanjutnya. Jadi jangan sampai CV Anda kehilangan fokus dan tidak jelas dari apa yang Anda inginkan.

Pengalaman dan data pribadi yang relevan

Aktif di bidang keagamaan juga merupakan suatu pengalaman. Tetapi alangkah baiknya jika kegiatan / pengalaman Anda di bidang keagamaan itu berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Contohnya Anda pernah bekerja sebagai Marketing & Promotion dalam suatu acara keagamaan, jika Anda mendapatkan suatu hal yang dapat menambah skill Anda yang bersangkut paut dengan pekerjaan yang Anda lamar, Anda harus mencantumkannya.

Memiliki kemampuan / keahlian khusus

Para HRD tentu sangat bosan mendengar para pelamarnya bisa menggunakan Microsoft Office, Excel, dan sebagainya karena itu merupakan hal dasar yang sudah banyak dimiliki oleh banyak orang. Penggunaan Microsoft Office mungkin juga akan dibutuhkan, tetapi usahakan untuk tidak hanya mencatumkan kemampuan yang umum, cobalah untuk belajar suatu hal yang unik, khusus dan berbeda. Belajar dan mengerti banyak hal bukanlah suatu hal yang buruk, bukan?

Sekarang, yuk periksa lagi CV Anda apakah sudah sesuai dengan tips-tips yang disebutkan di atas?

Latest News