Lingkungan Kerja Positif, Kerja Lebih Produktif

3 years ago / 2265 Views

Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan-karyawannya bekerja dengan penuh semangat dan totalitas. Namun dalam kenyataannya tentu tidak semudah itu. Tidak semua karyawan bergabung dengan perusahaan dengan niatan yang sangat ideal untuk mendukung visi misi perusahaan. Sebagian bergabung hanya sekedar untuk memenuhi nafkah dan menjalani hidup.

Toh sekalipun pada awalnya sebagian karyawan bergabung dengan perusahaan dengan idealismenya masing-masing yang selaras dengan visi misi perusahaan, seiring berjalannya waktu terkadang hal tersebut dapat berubah. Semangat karyawan dapat meluntur dan bahkan hilang sama sekali.

Namun sebaliknya juga sebagian karyawan yang tadinya bergabung dengan perusahaan tanpa niatan khusus, seiring berjalannya waktu mereka juga dapat tumbuh menjadi para pekerja dengan semangat kerja dan dedikasi yang tinggi kepada perusahaan. Menjadi tanggung jawab kita sebagai atasan dan rekan kerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi setiap karyawan untuk dapat mengoptimalkan kontribusinya kepada perusahaan.

Lalu bagaimana caranya agar kita memiliki lingkungan yang kondusif tersebut? Dalam artikel kali ini kita akan bahas tips dan triknya yang dikutip dari artikel “How to Build a Passionate Company” yang ditulis oleh Jim Whitehurst, CEO dari Red Hat.

Berikan kebebasan

(sumber: pexels.com)

Berikanlah kebebasan pada karyawan-karyawan terbaik Anda. Biarkan mereka mengembangkan ide-ide untuk mengembangkan perusahaan. Berikan dukungan yang terbaik dan Anda akan terkesan dengan hal-hal yang dapat mereka capai nantinya.

Rekrut orang yang cocok

(sumber: pexels.com)

Salah satu cara lainnya adalah dengan memastikan bahwa anggota tim Anda dipenuhi oleh orang-orang yang memiliki kecocokan dalam hubungan sosial. Tujuannya agar interaksi di dalam tim dapat berjalan dengan dinamis dan tidak kaku. Biarkan mereka terlibat dalam menentukan rekan kerja mereka.

Siramkan minyak pada api

(sumber: arnoldgroup.com.au)

Carilah cara untuk menyebarkan semangat kerja tim Anda kepada tim-tim lainnya. Anda dapat memposting keseruan tim melalui sosial media agar tim-tim lain terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Perbanyak melakukan perayaan sebagai bentuk penghargaan terhadap pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh tim Anda.

Berikan makna pada setiap pekerjaan

(sumber: pexels.com)

Kebanyakan perusahaan memiliki visi misi yang sangat bermakna dalam. Hanya saja tidak banyak yang memanfaatkannya untuk menginspirasi karyawannya. Padahal penelitian menunjukkan bahwa kaum milenial cenderung tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang memiliki visi misi bermakna dalam. Oleh karena itu cobalah untuk menghubungkan setiap pekerjaan yang dijalankan dengan tujuan yang lebih besar, bisa saja dengan target perusahaan atau bahkan yang lebih tinggi lagi yaitu visi misi atau bahkan idealisme hidup masing-masing karyawan.

Tunjukkan ekspresimu

(sumber: risesmart.com)

Lingkungan kerja seringkali dianggap sebagai tempat yang kaku dan formal. Hal ini membuat karyawan menjadi cepat bosan dan hanya menganggap lingkungan kerja sebagai tempat untuk mencari nafkah. Karyawan menjadi kurang totalitas menjalani pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Oleh karena itu kita perlu mendorong agar rekan-rekan dan anggota tim kita untuk menunjukkan perasaannya di tempat kerja. Biarkan mereka berekspresi selama hal ini tidak menganggung produktivitas mereka. Bisa dimulai dari bercanda ringan di lingkungan kerja, membentuk komunitas, serta hal-hal lain yang mendorong karyawan untuk lebih totalitas dalam menjalani pekerjaan.

 

Sumber:
https://hbr.org/2016/02/how-to-build-a-passionate-company

Latest News