Tips Membeli Hewan Kurban Untuk Idul Adha Menurut Ajaran Islam

2 years ago / 423 Views

Idul Adha sudah di depan mata. Sudahkah Anda memesan hewan kurban untuk hari-H? Tradisi pemotongan hewan kurban berupa sapi / kambing / domba ini menjadi momen penting bagi seluruh umat Islam untuk merayakan Idul Adha.

Agar sah, pemilihan hewan kurban tidak boleh asal pilih. Pembelian hewan kurban ini disimbolkan sebagai pendekatan diri kepada Allah SWT. Karena hal tersebut, tradisi ini menjadi berkah melimpah bagi para peternak sapi, kambing dan domba. Untuk membelinya, caranya tidaklah sulit. Banyak sekali penjual hewan kurban yang dapat kita temui hampir di banyak titik pinggir jalan yang sudah siap menanti pesanan Anda.

Penjualan hewan kurban ini juga terkadang suka sering disalah gunakan oleh para penduduk sekitar yang menjadi penjual hewan kurban dadakan. Tentu penjualan ini sering menimbulkan terjadinya kecurangan-kecurangan oknum demi mengambil untung lebih. Orang-orang tidak bertanggung jawab tersebut biasanya menjual berbagai macam hewan kurban yang tidak dalam keadaan sehat, gelonggongan, dan semacamnya. Oleh karena itu, yuk, ikuti tips berikut ini untuk membeli hewan kurban terbaik untuk merayakan Idul Adha Anda.

Ketahui umur hewan

Sesuai dengan ajaran Islam, usia hewan kurban sudah harus genap 1 tahun masuk tahun kedua (minimal 6 bulan jika Anda sulit menemukan yang 1 tahun). Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Caranya bisa dilihat dari pergantian gigi  susu yang biasanya lebih putih ke gigi tetap yang lebih besar dari gigi susu. Untuk lebih spesifiknya, jika itu terjadi pada sapi, maka sapi itu sudah berumur sekitar 2 tahun, dan kambing serta domba ketika sudah sekitar 1 tahun. Jangan sampai salah pilih, ya!

Pastikan kondisi kesehatan hewan kurban

Sebelum membelinya, lebih baik Anda lihat dulu bagaimana kondisi hewan tersebut. Selain ada kemungkinan tidak baik untuk kesehatan kita, ajaran Islam juga melarang hal tersebut. Pastikan hewan kurban dalam keadaan sehat, tidak cacat atau kurus, dan semacamnya. Perhatikan juga bagian mata, hidung dan anus, karena hewan yang sakit dapat terlihat dari itu. Bagian dalam matanya harus pink dan bersih tidak belekan. Hidungnya juga harus sedikit basah dan anus yang bersih untuk melihat apakah hewan tersebut sedang diare atau tidak. Setelah dari segi fisik, lihat juga dari segi tingkah laku dan cara makannya, jika hewan lincah dan nafsu makan, maka hewan tersebut sehat. Kalau hewan yang akan Anda beli memiliki keterbalikan dengan ciri di atas, lebih baik Anda memilih hewan kurban lainnya.

Membelinya langsung dari tempat penangkarannya akan lebih baik

Anda tidak boleh sembarang membelinya dari penjual-penjual yang tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki izin berdagang. Untuk menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika Anda membelinya langsung dari penangkaran hewan kurban tersebut. Karena Anda harus membeli hewan kurban yang sah (tidak boleh hasil curian, rampas, ataupun dengan uang haram), pokoknya harus halal, ya!

Nah, sebelum membeli hewan kurban, cocokkan terlebih dahulu dengan tips dan cara di atas ya! Semoga Anda mendapatkan hewan kurban terbaik untuk Idul Adha 2017 ini.

Latest News