Hari Pohon Sedunia: Pohon & Perannya di Bumi

1 year ago / 5400 Views

(sumber: pexels.com)

Sebagai mahluk hidup yang tidak bergerak seperti manusia dan hewan, pohon sering kali dilupakan dan tidak dihargai kehadirannya dalam kehidupan kita. Tapi nyatanya, sebagai sesama mahluk hidup, kita semua memiliki tugas dan tanggung jawab kita masing-masing di dunia ini. Pada dasarnya, tahukah Anda bahwa sebenarnya para mahluk hidup ini saling ketergantungan? Jika salah satu dari kategori mahluk hidup itu habis atau punah, maka 2 kategori mahluk hidup lainnya juga terancam punah.

Pohon adalah tanaman terbesar di planet ini. Menurut National Geographic, hutan mencakup sekitar 30% dari planet bumi. Di Hari Pohon Sedunia tanggal 21 November ini, saatnya kita bergerak dan mencegah terjadinya kepunahan bahkan kiamat bagi seluruh mahluk hidup. Pohon memang sangat berjasa bagi seluruh mahluk hidup, terutama bagi manusia, oleh karena itu, kita sebagai mahluk yang dianugerahkan dengan akal budi wajib untuk menjaga dan melestarikannya. Di Hari Pohon Sedunia ini yuk, kita tingkatkan kepedulian pada sesama mahluk hidup dengan lihat peran dan manfaat pohon di bumi dan kehidupan manusia:

Pepohonan mencegah perubahan iklim

Kelebihan karbondioksida (CO2) sebagai pemicu terjadinya perubahan iklim dapat disebabkan oleh banyak faktor. Nah, dengan adanya pepohonan yang menyerap CO2, mengeluarkan dan menyimpan karbon sambil menghasilkan oksigen kembali ke udara. Dalam satu tahun, satu hektar pohon dewasa dapat menyerap jumlah CO2 yang dihasilkan saat Anda mengemudikan mobil sejauh 26.000 mil. Wow, banyak sekali bukan?

Pepohonan membersihkan udara

Pohon menyerap bau dan gas polusi (nitrogen oksida, amonia, sulfur dioksida, dan ozon) dan menyaring partikulat yang keluar dari udara dengan menahannya di daun dan batang pohon.

Pepohonan menghasilkan oksigen

Yang satu ini mungkin tidak asing untuk kita. Pepohonan menghasilkan oksigen (O2) untuk sumber nafas kehidupan kita. Dalam setahun, pepohonan sebanyak kurang lebih 1 hektar dapat menghasilkan oksigen yang cukup untuk 18 orang. Terbayang kan tanpa adanya pohon dunia akan begitu sesak apalagi dengan popolasi yang terus meningkat.

Pepohonan sebagai habitat bagi margasatwa

(sumber: pexels.com)

Pohon digambarkan sebagai elemen yang kuat yang bisa menjadi habitat dan tempat berlindung bagi para mahluk hidup. Burung-burung bisa membangun sangkarnya di sana agar lebih aman menyimpan telur mereka dari jangkauan hewan liar di bawah yang kesulitan naik ke atas pohon. Ada juga lebah yang membangun sarangnya di atas pohon dan tupai yang menyimpan makanan mereka di sana. Lalu, ke mana mereka akan tinggal tanpa pepohonan tersebut?

Pepohonan sebagai penghasil makanan

(sumber: pexels.com)

Ada pohon yang menghasilkan buah dan menjadi makanan bagi manusia serta hewan. Bukan hanya pohon buah, bahkan pohon biasa dengan dedaunan pun bisa menjadi makanan bagi hewan, seperti jerapah yang berleher panjang. Jadi, jika Anda merusak/memotong pohon sama saja dengan mengurangi populasi jerapah serta mahluk hidup lainnya.

Pepohonan untuk obat

Pasti Anda pernah mendengar yang namanya ramuan herbal? Ya, ramuan herbal ini adalah ramuan alami yang berasal dari alam kita sendiri. Daun-daun dari beberapa jenis pepohonan dapat menjadi obat untuk menyembuhkan atau pun vitamin untuk suplemen kesehatan kita.

Pepohonan baik untuk kesehatan mental

Alam / pepohonan adalah lambang dari rileksasi/ketenangan. Penelitian menemukan bahwa pemandangan alam dapat menyembuhkan rasa stres dan penyakit secara psikologis dalam diri manusia.

Pepohonan sebagai penyedia kayu

Nah, ini dia yang menjadi sumber kehidupan sekaligus sumber masalah dari pohon. Dengan kayu kita bisa membangun rumah dan perabotannya, membuat kertas dan tisue, membuat peluang bisnis yang menguntungkan, dan masih banyak lagi. Semua itu untuk kelangsungan sekaligus kepentingan menusia. Terkadang kita, manusia terlalu egois dan serakah dalam menggunakannya, sampai kita lupa untuk menanamnya kembali. Yang kita pikirkan hanyalah manfaatnya untuk kita, tanpa memikirkan kehidupan pohon itu sendiri.

Semakin banyak populasi manusia, maka kebutuhan terus semakin meningkat. Sadarkah Anda hutan di seluruh bumi ini sudah hampir gundul karena kita? Sadarkah Anda global warming yang bisa menyebabkan kiamat dunia juga semakin dekat dengan kita?

Sekarang Anda sudah tahu kan betapa pentingnya pohon di bumi ini?

Dari sekian banyak peran dan manfaat pohon pada kehidupan kita, tidak sedikit manusia tak bertanggung jawab yang menyalah gunakan keberadaan pohon di bumi.

Pohon adalah salah satu sumber kehidupan manusia dan hewan. Ya, memang tanpanya kita tidak bisa hidup. Tetapi bukan berarti manusia dapat semena-mena menggunakan pohon untuk kepentingan mereka. Kita harus bisa bertanggung jawab atas apa yang telah kita perbuat, meski hanya dengan melakukan hal kecil sekalipun.

Latest News