Hari Sumpah Pemuda, Bangkitkan Semangat Generasi Muda!

2 years ago / 11088 Views

 

Generasi muda adalah pahlawan muda

Siap membangun bangsa dengan aksi nyata

Berani berkarya

Bersatu untuk merdeka

 

Apa yang sudah Anda berikan untuk Indonesia?

Sudahkah Anda memberikan yang terbaik?

Tanah air kita yang dulu diperjuangkan dengan cara bersatu, apakah kini kita masih bersatu kokoh?

Sebagai generasi penerus bangsa yang menjadi saksi atas berkembangnya zaman dan teknologi, generasi muda tentu menjadi aset bangsa yang paling diandalkan dan diharapkan menjadi pemaju kemajuan negara kita, Indonesia.

Sejak 28 Oktober 1928 ketika Sumpah Pemuda pertama kali dideklarasikan, hari itu juga menjadi momen bersejarah bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam membangkitkan rasa nasionalisme seluruh generasi muda.

Apa sih isi dari Sumpah Pemuda itu?

Pertama: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

Kedua: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

Ketiga: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Nah, apakah Anda sudah bertindak sesuai dengan Sumpah Pemuda tersebut? Dari Sumpah Pemuda ini tentu kita bisa mengambil pelajaran yang sangat berguna bagi masa depan bangsa agar terus belajar dan meningkatkan kualitas diri.

Di era sekarang, generasi muda yang kerap disapa sebagai generasi millenial dipercaya kurang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi tidak seperti generasi-generasi sebelumnya. Setujukah Anda dengan pernyataan itu? Seperti yang dilansir dari rumahmillenials.com, bahwa generasi millenials sebenarnya tidak kehilangan rasa nasionalisme tersebut, hanya saja mereka memiliki cara yang modern dan berbeda dari generasi sebelumnya. Sekarang ini bisa dilihat dari perkembangan dan transformasi di dunia digital yang semakin berkembang, di mana media berperan untuk mengimplementasikan nasionalisme para generasi muda agar membawa bangsa kita pada kemajuan global. Contohnya dengan adanya perusahaan Online Marketplace atau E-Commerce yang banyak bermunculan di Indonesia. Tanpa banyak orang sadari, ternyata hal tersebut sangat membantu memajukan negara kita, loh.

Sekarang, saatnya Anda sebagai generasi muda untuk ikut bergerak memajukan bangsa dengan terus berkarya dan buktikan kepada seluruh dunia bahwa inilah Indonesia, Indonesia yang telah merdeka!

Latest News