Selamat Hari Dokter Nasional 2017

3 years ago / 1451 Views

(sumber: ucheck.co.uk)

“Kalau sudah besar mau jadi apa?”, “dokter!” Hal itu yang biasanya dijawab oleh kebanyakan anak-anak ketika ditanya tentang profesi masa depan mereka. Profesi sebagai dokter memang profesi yang paling banyak diminati oleh banyak anak-anak karena menjadi dokter dipercaya sebagai orang yang pintar serta berhati mulia. Bagaikan malaikat, bukan?

Tetapi, dengan kenyataan yang terjadi pada hidup setiap orang berbeda-beda, mimpi kitapun ikut berubah seiring dengan berjalannya waktu. Profesi dokter bukanlah sebuah profesi yang dapat dicapai dengan mudah, selain kuliahnya juga mahal dan lebih lama dari jurusan lainnya, Anda juga harus punya mental dan nyali yang besar karena ini menyangkut dengan nyawa seseorang.

Dokter adalah salah satu perantara dari Tuhan yang dapat menyembuhkan serta menyelamatkan kita dari berbagai penyakit. Tanpa bantuan dokter, angka kematian di dunia setiap harinya pasti tidak dapat dibayangkan berapa banyaknya. Karena jasa-jasanya, terciptalah Hari Dokter Sedunia pada tanggal 24 Oktober 1950 bertepatan dengan hadirnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan martabat profesi dokter Indonesia, serta meningkatkan kesehatan masyarakat dengan pelayanan terbaik.

Dalam memperingati hari ini, biasanya berbagai acara yang berhubungan dengan kesehatan dan kedokteran diselenggarakan di mana-mana. Contohnya, pengobatan gratis, konsultasi kesehatan gratis, dan beragam aktivitas lainnya. Tapi, siapa sih yang mau sakit walau gratis sekali pun? Jadi jagalah kesehatan Anda sebaik-baiknya, ya!

Hingga saat ini, masih belum banyak orang yang mengetahui tentang Hari Dokter Nasional ini, loh. Biasanya hanya dari kalangan-kalangan dokter atau berbagai lembaga / organisasi Indonesia yang berhubungan dengan kesehatan. Setiap hari perayaan pasti memiliki maksud dan tujuannya masing-masing. Di Hari Dokter Nasional ini diharapkan agar para dokter merefleksikan diri apakah mereka sudah menjadi dokter yang bertanggung jawab dan ikhlas dalam melayani pasiennya? Apakah kondisi kesehatan di Indonesia sudah cukup baik? Ya, jika diamati kondisi kesehatan di Indonesia memang masih bisa lebih dikembangkan lagi karena memang teknologi di Indonesia belum bisa secanggih seperti di Amerika, Singapura, Malaysia, dan sebagainya, maka tidak heran banyak orang Indonesia yang lebih memilih untuk melakukan pengobatan di luar negeri.

Dokter adalah tahap pembangunan bangsa. Dokter wajib rela berkorban demi masyarakat tanpa mengeluh dan bersumpah “Saya akan membaktikan nasib saya guna kepentingan perikemanusiaan.” Dokter akan terus belajar dan rutin mengembangkan ilmunya karena perkembangan yang terus maju. Jadi, kita harus lebih menghargai lagi jasa-jasa dokter di Indonesia yang sudah menjadi bagian dari pembangun bangsa Indonesia. Hidup dokter-dokter Indonesia, Selamat Hari Dokter Nasional!

Latest News