Tips Memilih Smartphone yang Tepat Untuk Orang Tua

1 year ago / 2760 Views

Berencana memberi hadiah smartphone untuk orang tua Anda? Inovasi-inovasi baru dalam hal teknologi terus bermunculan hingga membuat para orang tua merasa ketinggalan jaman dan tertinggal oleh teknologi. Sehingga kebanyakan dari mereka masih tetap nyaman menggunakan handphone jadul mereka. Sedangkan generasi muda jaman sekarang, terutama generasi milenial tidak akan bisa hidup tanpa fasilitas internet.

“Rasanya seperti sedang berada di goa”.

Tingginya tingkat penggunaan internet ini membuat internet menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang dari yang tua hingga muda, terutama untuk yang tinggal di perkotaan. Para orang tua yang tinggal jauh dari keluarganya akan merasa sangat kesepian dan sulit untuk berkomunikasi dengan keluarganya. Oleh karena itu, demi mempermudah komunikasi dan mendekatkan diri dengan yang jauh, para orang tuapun ikut mengikuti perkembangan jaman, tidak lain yaitu menggunakan smartphone dan internet.

Orang tua yang belajar menggunakan smartphone tidak akan semudah dan secepat para generasi muda. Tentu butuh waktu yang cukup lama untuk beradaptasi karena namanya juga “smartphone” atau “handphone pintar.” Untuk mempermudah para orang tua agar cepat mengerti dan fasih menggunakan smartphone, sebenarnya kemudahan apa saja sih yang mereka butuhkan?

User-friendly”

(sumber: backclinicsofcanada.ca)

Android atau iPhone? Mana yang Anda pilih? Ketika memilih smartphone Anda pasti akan bertemu dengan 2 pilihan ini, meski banyak sistem operasi lainnya, tetapi dua sistem pengoperasian tersebut yang paling memuncak dan paling banyak digunakan oleh banyak orang. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Jangan hanya lihat dari modelnya ataupun kecanggihannya saja. Smartphone untuk orang tua harus dengan pemilihan yang khusus dan tidak boleh asal-asalan, karena tentu Anda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk orang tua Anda, bukan? Hal utama yang harus Anda lihat adalah sistem pengoperasian smartphone tersebut, apakah mudah untuk digunakan dan dimengerti oleh orang tua Anda? Apakah sudah aman untuk digunakan oleh orang tua Anda? Jangan sampai orang tua Anda bingung karena terlalu banyak aplikasi atau bahasanya yang tidak mereka mengerti.

Ukuran layar yang besar

(sumber: thetecake)

Banyak sekali para orang tua yang mengeluh karena layarnya yang kecil sehingga sulit untuk membaca dan salah pencet terus-terusan. Entah Anda membelikan smartphone dengan fasilitas layar sentuh ataupun dengan keyboard qwerty, layar yang besar dapat mempermudah mereka untuk melihat dan membaca tulisan ataupun gambar tanpa harus meyipitkan mata mereka atau mendekatkan smartphone ke wajah, hal itu sungguh-sungguh membuat tidak nyaman penggunanya.

Kamera dan memori yang cukup

(sumber: wayerless.com)

Siapa bilang selfie dan berfoto-foto hanya untuk generasi muda? Para orang tua juga suka loh mengabadikan momen hidup mereka bersama keluarga dan kerabat dalam bentuk foto ataupun video.  Di tengah jaman teknologi ini, smartphone dengan kamera tentu sangat praktis dan mudah. Nah, karena kegemaran mereka untuk mengabadikan momen indahnya, pilihlah smartphone berkamera dengan memori yang banyak atau menambahkan ekstra SD Card sebagai memori eksternal tambahan.

Baterai yang tahan lama


(sumber: geekman.in)

Kalau sudah main smartphone, pasti mereka juga lupa waktu. Para orang tua akan malas mengecharge smartphone mereka karena terbiasa dengan handphone jadul mereka yang biasanya cenderung memiliki daya tahan yang lebih tahan lama. Kalau Anda memiliki waktu luang untuk mengatur beberapa fasilitas di smartphone orang tua Anda, buat baterai smartphone lebih lama dengan Trik Menghemat Baterai Android Agar Tahan Seharian.

Jadi, agar orang tua Anda senang, puas dan bisa ikut menikmati perkembangan jaman ini, pilihlah smartphone dengan ciri-ciri di atas karena selama mereka masih bisa menjadi bagian dari dunia modern ini.

Latest News