Trik Menghemat Baterai Android Agar Tahan Seharian

1 year ago / 1810 Views

Mengisi daya smartphone berulang-ulang setiap harinya tentu membuat aktivitas kita terhambat karena banyaknya aktivitas yang kita lakukan melalui smartphone, baik itu soal pekerjaan ataupun mungkin saat di kala Anda bosan. Maka dari itu, kebanyakan orang melakukan aktivitas charging pada malam hari ketika tidur dan sedang tidak menggunakan smartphone mereka. Apakah Anda salah satunya?

Tentu ada pro dan kontra tersendiri dari cara tersebut. Secara pro, memang Anda dapat lepas dari smartphone karena Anda harus tidur, tetapi kontranya, pengisian daya yang ditinggal tidur tersebut dapat menyebabkan terjadinya kebocoran / kerusakan baterai pada smartphone akibat pengisian daya dalam jangka waktu yang terlalu lama dari yang seharusnya. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyetel alarm sesuai perkiraan waktu kapan baterai smartphone Anda akan penuh. Hal ini merupakan salah satu pencegahan paling utama agar baterai smartphone Anda dapat tetap bertahan.

Lalu, bagaimana jika baterai Anda sering sekali terkuras dengan cepat dan harus melakukan charging berulang-ulang dalam sehari? Nah, berikut ini adalah triknya agar baterai smartphone Anda awet dan tahan seharian penuh.

Cari tahu aplikasi apa yang paling menguras baterai

(sumber: thedroidguy.com)

Beberapa aplikasi lebih menguras banyak baterai tergantung penggunaan dan aplikasi itu sendiri. Tetapi tidak hanya aplikasi, tetapi kadar penggunaan smartphone itu sendiri juga tentu sangat berpengaruh. Cobalah Anda cek aktivitas apakah yang paling menguras baterai, caranya buka ke menu settings lalu pilih battery untuk melihat aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan energi smartphone Anda. Jika Anda sudah tahu aplikasi apa itu, cobalah untuk kurangi kadar penggunaan pada aplikasi tersebut. Dan usahakan agar tidak menggunakan smartphone dalam proses pengisian daya, karena akibatnya smartphone akan menjadi panas dan tidak dapat / gagal melakukan proses pengisian daya. Biasanya aplikasi yang paling menguras baterai adalah aplikasi sosial media dan aplikasi chatting seperti facebook, twitter, instagram, line, dsb. Karena aplikasi tersebut melakukan update secara terus menerus bahkan ketika Anda sedang tidak membuka aplikasi tersebut.

Nyalakan battery saving mode


(sumber: pcworld.com)

Beberapa smartphone yang memiliki mode ini akan sangatlah berguna karena mode ini akan meminimalisir segala aktivitas penggunaan sistem maupun aplikasi yang menguras baterai secara otomatis. Contohnya, notifikasi Anda dari beberapa aplikasi akan tidak muncul langsung di saat bersamaan notifikasi itu masuk, namun hanya ketika Anda membuka smartphone Anda. Walau begitu, tetapi mode ini adalah cara yang paling ampuh dan praktis untuk membuat baterai smartphone Anda tahan lama.

Matikan fasilitas yang sedang tidak dibutuhkan / digunakan

(sumber: theverge)

Smartphone dengan banyak fasilitas memang sangat digemari dan canggih. Tetapi di satu sisi akan menguras banyak baterai juga. Jika Anda sedang tidak membutuhkan / menggunakannya, matikan fasilitas tersebut. Contohnya seperti fasilitas wifi, bluetooth, location, atau bahkan flashlight pada smartphone Anda. Maka dijamin Anda akan menghemat baterai jauh lebih banyak.

Turunkan tingkat cahaya

(sumber: pcworld.com)

Semakin terang layar smartphone Anda, semakin cepat habis pula baterainya. Jadi, disarankan untuk tidak menyetel tingkat keterangan dengan level maksimal. Meskipun Anda memilih pilihan auto pada tingkat keterangan tersebut, itu tetap akan menguras baterai juga, karena tingkat keterangan akan disesuaikan dengan cahaya ruangan Anda yang diterima oleh smartphone. Usahakan untuk tetap meletakan posisi tingkat keterangan pada posisi di tengah-tengah atau lebih baik lagi pada posisi paling low.

Gunakan power bank

(sumber: igeeksblog.com)

Kalau yang satu ini merupakan pilihan terakhir. Jika Anda pengguna smartphone yang sangat aktif dan sulit untuk terlepas dari smartphone Anda, cara yang satu ini adalah yang paling praktis dan menolong. Anda tidak perlu meninggalkan smartphone Anda untuk dicharge dan Anda bisa membawanya kemanapun Anda mau, tanpa terlepas dari smartphone. Tetapi cara yang satu ini tidak disarankan karena dapat merusak baterai smartphone dan mengakibatkan ketergantungan.

Latest News