Waspada! Ini Tanda Akan Terjadinya Gempa Bumi

2 years ago / 17440 Views

(sumber: quemandorueda.net)

Waktu terus berjalan dan bukan hanya manusia yang bertambah tua, begitupun bumi kita. Hal ini menyebabkan timbulnya bencana-bencana alam yang tidak dapat terprediksi oleh ahli geologi sekalipun, salah satunya gempa bumi. Oleh karena itu, kita harus tetap siap dan waspada mengingat Indonesia termasuk salah satu negara yang rawan akan gempa. Walaupun gempa bumi tidak dapat diprediksi, tetapi setidaknya pasti ada tanda-tanda yang menunjukan kemungkinan akan terjadi gempa bumi.

Biasanya tanda gempa bumi dimulai dari langit. Awan akan mulai berkumpul dan membentuk seperti angin tornado. Siapa sangka ternyata bentuk tersebut menunjukkan penyedotan tenaga listrik pada awan. Hal ini disebabkan karena terjadinya gelombang elektromagnetis yang kuat pada dasar bumi. Nah, hal inilah yang menyebabkan pergeseran lempeng bumi sehingga menyebabkan gempa bumi. Setelah itu, coba tes kualitas listrik pada TV, radio, dan lampu di rumahmu, jika listriknya redup, berarti gelombang elektromagnetis sedang terjadi. Tetapi, tanda ini hanya merupakan sebuah kemungkinan dan belum tentu gempa akan benar terjadi.

Yang paling seram dari tanda-tanda ini adalah surutnya air laut. Jika rumah Anda berada di dekat pantai, mulailah waspada dan berhati-hati apabila laut terlihat surut tiba-tiba dan angin jadi lebih kencang. Tsunami biasanya kemungkinan dapat terjadi jika terjadi gempa besar. Surutnya air laut tersebut merupakan salah satu tanda akan terjadinya tsunami yang mana disebabkan oleh gempa bumi atau pergeseran lempengan. Anda masih ingat kan bencana tsunami di Aceh beberapa tahun yang lalu? Saat itu salah satu tanda sebelum terjadinya tsunami adalah air laut tampak surut tidak seperti biasanya. Seram sekali, kan? Oleh karena itu, kita harus menjaga bumi dengan memelihara alam sekitar kita agar bencana tersebut dapat terhindar dari kita.

Tanda lain yang menunjukan kemungkinan akan terjadinya gempa yaitu tingkah laku hewan yang tidak seperti biasanya. Apakah anjing Anda mengaung-ngaung atau menggonggong tanpa alasan? Hal ini disebabkan karena hewan memiliki insting yang dapat merasakan gelombang elektromagnetis. Contohnya bisa terjadi pada ayam yang berhenti bertelur tanpa alasan atau hewan liar maupun peliharaan banyak yang hilang karena ketakutan dan lari meninggalkan kota atau area akan terjadinya gempa.

Hal unik lainnya adalah terjadinya kenaikan jumlah pasien di rumah sakit karena masalah penyakit umum yang terjadi pada manusia satu atau dua hari sebelum gempa bumi terjadi. Penyakit umum tersebut berupa penyakit seperti sakit kepala, migrain, gangguan pernafasan, pusing, kegelisahan, tekanan sinus, vertigo, bahkan peningkatan tekanan darah. Banyak orang-orang dirawat di UGD karena hal ini. Anehnya lagi, biasanya pasien rumah sakit persalinan juga melaporkan terjadinya peningkatan kelahiran bayi sehari sebelum dan hari terjadinya gempa.

Kecemasan akan bencana alam ini memang tidak dapat diatasi. Tapi kita tetap harus hidup sepenuhnya, karena manusia juga menjadi salah satu alasan bencana alam ini dapat terjadi. Dan manusia sendiri juga yang dapat menyelamatkan bumi kita tercinta.

Latest News