10 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Insomnia

3 years ago / 7576 Views

Banyak orang yang menganggap enteng penyakit sulit tidur atau yang biasa lebih dikenal dengan insomnia. Faktanya, penyakit insomnia ini bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan fisik maupun mental Anda. Ketika pikiran Anda penuh, stres dan gelisah, semua bercampur aduk dalam pikiran sehingga membuat Anda tidak tenang dan sulit tidur bahkan hanya untuk memejamkan mata.

Walaupun sebenarnya pada dasarnya indomnia ini bukanlah sebuah ‘penyakit’, tetapi sebuah gejala yang memicu terjadinya penyakit dan gangguan. Insomnia dapat terjadi pada siapapun dengan kondisi fisik dan mental yang sedang kelelahan bahkan hingga yang sedang tidak lelah sekalipun. Pemicu dari insomnia ini sendiri bisa disebabkan oleh pikiran kita sendiri, loh. Dari bagaimana kita menghadapi masalah sampai timbulnya stres dan semacamnya.

Saat sedang tidak bisa tidur pasti rasanya akan bosan, gelisah, dan stres. Ada mitos yang mengatakan dengan menghitung domba, Anda bisa melawan indomnia dan dapat segera tidur dengan pulas. Tapi nyatanya, hal itu tidak begitu berhasil bagi banyak orang. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba hal-hal berikut ini ketika insomnia.

Pikirkan hal yang positif

(sumber: pixabay.com)

Menurut ahli, salah satu faktor Anda mengalami gangguan sulit tidur yaitu karena pikiran-pikiran negatif yang terdapat pada pikiran Anda. Pemikiran negatif tersebut yang membuat Anda terus kepikiran hingga gelisah dan stres. Jadi, cobalah untuk berpikiran positif bahwa semuanya akan baik-baik saja atau besok adalah hari yang baik. Dengan menenangkan dan membersihkan pikiran Anda dari hal-hal negatif, Anda akan lebih mudah untuk tidur.

Fokus pada satu hal

(sumber: pixabay.com)

Sudah coba menghitung domba tetapi masih tetap tidak bisa tidur? Nah, dengan fokus pada sesuatu yang spesifik (seperti berimajinasi mengisi peti harta karun) bisa jadi itu adalah hal yang membuat Anda bisa tidur dengan nyenyak. Fokus pada napas Anda, dan ulangi mantra yang bisa membuat Anda tenang dalam kepala Anda. Tapi jangan mantra “saya tidak bisa tidur”, ya!

Membaca buku

(sumber: shutterstock)

Membaca yang dimaksud bukanlah membaca melalui smartphone Anda, tapi dari buku sungguhan yang padat dan dicetak di kertas. Matikan lampu kamar Anda, dan cukup hanya dengan menyalakan lampu baca Anda saja agar suasana terasa lebih nyaman. Kemudian, baca bukunya tanpa terlalu mengingat setiap halamannya, tetapi baca saja perlahan sampai mata Anda lelah dan terasa mengantuk.

Dengarkan musik

(sumber: newsweek.com)

Dengarkan musik agar membuat pikiran dan perasaan Anda terasa tenang dan nyaman, atau mungkin salah satu lagu favorit Anda. Lebih baik hindari mendengarkan musik yang kencang atau berisik yang membuat Anda tidak bisa tenang (kecuali jika itu sudah kebiasaan Anda, dan lebih ampuh pada Anda). Cobalah beberapa musik yang bergenre akustik atau instrumental yang membuat mata Anda terlelap.

Coba dengarkan Podcast atau Audiobook

(sumber: swolept.com)

Pilih podcast atau audiobook favorit Anda, dan biarkan suara lembut yang diucapkan oleh narator menghipnotis Anda untuk tertidur. Inti dari hal ini adalah bukan untuk mendengarkan ceritanya, tetapi untuk membuat diri Anda nyaman dan membiarkan suara lembut tersebut menghipnotis Anda untuk tertidur lelap.

Regangkan tubuh

(sumber: ethnichealthcourt.com)

Ya, Anda bisa melakukan ini tanpa beranjak dari tempat tidur. Letakkan kaki Anda ke dinding untuk menenangkan sistem saraf pusat Anda, atau cobalah pose bayi yang sedang bahagia untuk merilekskan tubuh. Sebagai alternatif, lakukan gerakan ringan pada kaki atau tangan dan lakukan sedikit pemanasan pada punggung Anda agar lebih rileks dan tidak tegang.

Cobalah latihan “4-7-8”

(sumber: escape.com.au)

Menurut sains, fokus pada pernapasan Anda dapat menurunkan tekanan darah dan tekanan jantung yang prima untuk mengantuk.

Jadi, coba teknik ini:

  •    Tarik napas selama empat detik
  •    Tahan napas selama tujuh detik
  •    Buang napas selama delapan detik
  •    Ulangi terus menerus

Selesaikan tugas / pekerjaan Anda yang belum selesai

(sumber: letsfeelbetter.com)

Jika Anda menemukan bahwa ada sesuatu yang benar-benar mengganggu Anda dan membuat Anda tetap terjaga, jangan hanya melewatkannya dan berpura-pura hal itu sudah selesai begitu saja. Entah itu membalas email (atau menulis ataupun menyimpannya untuk pagi hari saat Anda bisa mengeceknya dengan benar), menuliskan beberapa ide untuk presentasi Anda yang akan datang, atau bahkan mengeluarkan sampah sebelum Anda melupakannya, mengerjakan dan menyelesaikannya dengan benar akan membuat Anda tidur lebih tenang dan mudah. Tetapi pastikan jangan sampai menghabiskan sepanjang malam mengerjakannya, ya!

Minum minuman hangat

(sumber: iquitsugar)

Buat segelas susu panas dengan madu atau teh tanpa kafein yang bisa menghangatkan tubuh Anda untuk beristirahat. Jangan membuat minuman yang terlalu panas atau mendidih, ya, cukup minuman yang hangat dan masih bisa untuk diminum dengan segera. Sehingga tubuh Anda terasa hangat dan rileks.

Tutup mata Anda

(sumber: sleepsugar.com)

Anda bisa gunakan penutup mata sebagai perlengkapan tidur Anda agar cepat tidur. Apabila Anda yang tidak bisa tidur dengan lampu menyala, Anda akan sangat memerlukannya. Bahkan jika kamar Anda cukup gelap, pasti tetap masih ada sedikit cahaya yang masuk. Jadi, jika Anda tidak memiliki penutup mata, Anda bisa menggunakan kain lap hangat (rendam dan microwave selama beberapa detik) atau dengan kaos dan tutupi Mata sehingga yang bisa Anda lihat hanyalah warna hitam gelap yang membantu Anda fokus untuk tidur.

Latest News