Buat Hari Senin Anda Jadi Lebih Baik Dengan Cara Ini

8 months ago / 412 Views

Senin. Hari ketika 24 jam terasa berpuluh-puluh abad lamanya.

Ingin menghela napas? Tenang saja, Anda tidak sendirian

(Sumber: www.dzbreaking.com/)

(Sumber: www.dzbreaking.com/)

 

Jika Anda memimpikan agar hari Senin dihapuskan dari kalender, Anda salah besar, karena hari setelah hari libur adalah sebuah mimpi buruk. Hari di mana kemacetan akan bertambah dua kali lipat dan lebih lama dari biasanya. Mengapa? Karena hari Senin atau hari sesudah libur adalah hari “pemaksaan” kerja untuk Anda yang merasa liburan di hari sebelumnya belum terasa cukup. Jadi tidak heran jika Anda merasa kesal dan kecewa saat mendengar alarm Anda berbunyi di pagi hari saat Anda masih merasa belum puas tidur. Eits, jangan lanjut tidur lagi, ya!

Tips-tips di bawah ini tidak akan menjanjikan bahwa Anda akan menyukai hari Senin, tapi ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat hari Senin Anda terasa jauh lebih baik.  Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini.

Tidur lebih awal

Jika Anda ingin mempersiapkan diri untuk memulai minggu selanjutnya, sebenarnya Anda harus memulainya dari hari Minggu. Sebaiknya, Anda memaksimalkan hari Minggu Anda dengan beristirahat dan tidurlah lebih awal, sehingga pada hari berikutnya Anda merasa lebih semangat dan penuh energi. Plus, sains mengatakan bahwa tidur lebih awal akan membantu otak Anda lebih fokus dan berpikir lebih cepat.

Hindari rapat di pagi hari

Awal minggu mungkin terasa seperti waktu yang tepat untuk rapat-ini adalah kesempatan bagi setiap orang untuk terjebak dan pada halaman yang sama selama beberapa hari berikutnya.

Namun, meski tidak ada yang salah dengan rapat atau pertemuan di hari Senin, lebih baik jika Anda memesan ruangan rapat tersebut untuk sore hari. Mengapa? Nah, entah Anda menyukainya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa pagi hari sebenarnya waktu kita yang paling energik dan kreatif. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan pagi hari Anda untuk mengerjakan pekerjaan yang produktif-daripada mencatat note rapat atau melamun di ruang rapat.

Plus, dengan menunda rapat tersebut menjadi sore hari, memberi lebih banyak waktu untuk setiap karyawan agar berpikir lebih matang lagi mengenai topik yang akan dirapatkan / dibicarakan di rapat mendatang. Sehingga, Anda pun bisa menjadi lebih prepare dan rapat akan berlangsung jauh lebih baik.

Mulai dengan sesuatu yang produktif

Banyak orang memulai beberapa jam pertama mereka pada hari Senin sebagai kesempatan Anda untuk mengatasi semua hal-hal rumah tangga, dan itu cukup melelahkan serta menyita waktu produktif Anda. Biasakan Anda memulai hari Anda dengan membuat to-do-list untuk kegiatan Anda di hari ini, mengecek email Anda,mengobrol dengan rekan kerja tentang bagaimana akhir pekan mereka, kemudian Anda bisa mulai mengerjakan tugas atau proyek Anda lebih produktif lagi.

Dengan memulai hari Anda dengan hal produktif tersebut tentu Anda akan merasakan rasa keberhasilan / achievement telah melakukan hal tersebut (meski itu hanya hal kecil sekalipun), atau singkat kata Anda pasti akan merasa bangga pada diri Anda sendiri. Anda akan lebih fokus, termotivasi dan merasa puas secara keseluruhan - prinsip ini disebut sebagai “prinsip kemajuan”

Melakukan hal yang Anda sukai

Senin bisa terasa sedikit lebih melelahkan daripada hari-hari biasanya, maka, usahakan untuk meluangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan hal yang Anda sukai.

Entah itu berolahraga, jalan-jalan kuliner saat pulang kantor atau saat jam istirahat bersama teman kantor, membaca buku sebelum tidur, atau hal menyenangkan lainnya. Bahkan akan lebih baik lagi jika pekerjaan Anda merupakan hobi Anda. Menyibukan diri dengan melakukan hal yang Anda sukai dapat menyelamatkan Anda dari hari Senin atau biasa disebut “monster day”  

Hari Senin memang awal kita harus mulai bekerja, tetapi bukan berarti menghabiskan seluruh hari kita dengan bekerja sekuat tenaga, kita harus bisa membagi waktu dengan baik agar terciptanya Work Life Balance.

Senyum

Ya, memang cara yang satu ini terdengar sedikit gombal atau cheesy. Tapi percayalah, sains dan fakta telah membuktikan bahwa ketika Anda sedang menghadapi hari yang sulit / berat dan Anda masih bisa tersenyum, itu akan membuat hari Anda sedikit jauh lebih baik ketimbang mengeluh, karena Andalah pemenangnya.

Jika Anda memulai hari dengan suasana hati yang sudah benar-benar kacau, tetap lakukan yang terbaik untuk menyisipkan senyuman di wajah Anda beberapa kali - hal ini dijamin bisa membuat Anda lebih bahagia.

Latest News