Kegiatan Bersih-Bersih dapat Meningkatkan Positive Vibes

1 month ago / 164 Views

Menjaga kebersihan baik di lingkungan tempat tinggal, perumahan, lingkup perkantoran maupun industri, merupakan kewajiban seluruh masyarakat. Hal tersebut tentu merupakan sebuah cara hidup yang harus dihadapi, terutama dalam situasi pandemi ini. Kebersihan yang dimaksud tidak hanya mencakup kebersihan diri sendiri, namun juga lingkungan sekitar agar area tetap steril dan tetap higienis.

Dengan terjaganya kebersihan area tempat tinggal maupun perkantoran, maka dapat menciptakan rasa nyaman dan aman bagi seluruh karyawan untuk melakukan pekerjaan baik dari rumah maupun kantor, yang akhirnya berujung pada terjaganya produktivitas. Hal ini juga berbanding lurus dengan meningkatnya motivasi kita, sehingga kita dapat lebih fokus terhadap produktivitas kerja, seperti metode baru, ide baru, serta solusi bagi permasalahan bisnis di masa pandemi ini.

Untuk memulai budaya higienis, sebelumnya perlu dilakukan perencanaan dan strategi. Dimulai dari pemetaan area yang paling sering digunakan atau dilalui, lalu area potensi persebaran virus seperti pintu masuk dan pintu keluar, hingga area lain yang jarang dipakai. Selain itu, perencanaan peralatan kebersihan dan suplai perlengkapan juga perlu disiapkan mengingat kegiatan bersih-bersih ini perlu dilakukan setiap harinya.

Menikmati Proses Bersih-Bersih di Area Tempat Tinggal

Pernahkah kamu merasa puas dengan lingkungan rumah atau area kerja yang tertata rapi dan bersih? Sebetulnya mindset kita bisa saja berbeda-beda mengenai tingkat kebersihan suatu area, namun ada satu hal yang unik dan kita semua pasti merasakannya. Hal tersebut adalah rasa puas setelah bersih-bersih peralatan maupun area tempat tinggal kita sendiri. Jadi secara psikologis, hal ini memberikan perasaan senang dan puas, terutama di akhir pekan. Walaupun bersih-bersih merupakan kegiatan yang terbilang tidak mudah, terutama bagi kamu yang mager-an, tapi percaya deh kalau sudah dilakukan sekali, pasti akan terulang lagi dan lama-lama jadi kebiasaan.

Positive Vibes merupakan suatu perasaan senang, bangga, bahagia, yang timbul dari dalam diri sendiri, sehingga membantu kita untuk fokus terhadap pekerjaan, beristirahat lebih tenang, serta berkomunikasi dengan nyaman. Walaupun masih jarang digunakan, namun istilah ini ternyata memberikan dampak signifikan terhadap produktivitas kita lho!

Tips untuk Mulai Bersih-Bersih

Langkah awal buat kamu yang mau mulai bersih-bersih area tempat tinggal maupun aset pribadi, maka tentu saja kamu akan membutuhkan peralatan kebersihan yang memadai. Hal ini merupakan faktor terpenting dalam meningkatkan efisiensi waktu serta menjaga efektivitas kegiatan pembersihan agar hasil maksimal.

Siapa sih yang tidak punya alat pel atau sapu? Buat kamu yang memiliki peralatan tersebut, alangkah baiknya untuk dicek kembali apakah kain sudah mulai rusak, atau bahkan alat pel sudah mulai rapuh. Tentu saja alat pel merupakan hal simple yang wajib dimiliki semua orang, namun dengan alat pel yang ergonomis, tentu saja dapat meningkatkan kemudahan kegiatan bersih-bersih lantai.

Selain itu, perhatikan pula debu yang menempel pada area sempit / area yang jarang dijangkau oleh tangan. Debu merupakan partikel yang berbentuk tajam dan tidak nyaman bagi pernafasan kita, terutama bagi yang alergi. Untuk membersihkannya, maka kamu perlu mesin vacuum cleaner. Vacuum Cleaner mungkin identik dengan ukurannya yang besar, dan juga mahal. Namun jangan khawatir, di zaman serba teknologi ini berbagai ukuran portable dari vacuum cleaner sudah banyak dipasarkan, dengan harga yang terjangkau pula.

Selanjutnya adalah hal utama yang paling penting namun seringkali tidak digunakan dengan maksimal, yakni tempat sampah. Tempat sampah perlu diletakkan di tiap sudut ruangan, bahkan area outdoor sekalipun. Proses pengumpulan sampahnya akan dituang ke dalam satu tempat sampah berukuran besar, yang berguna untuk menampung semua sampah dari tempat sampah lainnya, untuk selanjutnya dibuang. Namun penting juga untuk secara rutin mencuci tempat sampah, terutama bagi kamu yang tidak menggunakan cover plastik di tempat sampah, karena apabila dibiarkan berhari-hari maka akan menyebabkan bau yang tidak sebab dan mengundang kutu, terutama sisa-sisa makanan.

Untuk pembersihan area outdoor, terdapat peralatan yang sangat berguna. Apalagi bagi kamu yang memiliki kendaraan pribadi ataupun halaman rumah yang mudah kotor sehabis hujan. Alat ini dinamakan High Pressure Cleaner. Kenapa perlu HPC? High Pressure Cleaner memudahkan kita untuk membersihkan kotoran bandel yang menempel pada permukaan, baik di kendaraan maupun di teras rumah. Selain itu, HPC juga sangat memudahkan kita dalam melakukan pembersihan hampir di semua area outdoor. Bagi kamu yang memiliki kendaraan pribadi, penggunaan HPC ini tentu dapat menghemat waktu, tenaga, serta uang karena mengurangi frekuensi pergi ke tempat pencucian mobil. Percaya deh kalau sudah punya HPC, buat apa masih menggunakan jasa cuci kendaraan. Siapkan pula sabun / shampoo khusus kendaraan, serta kain lap microfiber untuk mengeringkan kendaraan setelah dicuci.

Semua peralatan kebersihan tersebut bertujuan untuk memudahkan kita dalam proses bersih-bersih, terutama bagi yang cenderung mager-an. Dengan membiasakan diri untuk bersih-bersih, seperti seminggu 3 kali atau lebih, maka kita dapat meningkatkan mood dan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini dapat mengurangi resiko stress dan bosan juga lho!

Di masa pandemi ini, kebutuhan akan ide, inovasi, serta solusi merupakan dambaan semua perusahaan pemberi kerja, maupun pribadi masing-masing. Untuk itu, mulai dari hal terkecil terlebih dahulu dan siapa tahu kedepannya akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan diri kita sendiri pula.

Latest News