Tempat Kerja Ideal Menurut Pekerja Generasi Millenial

2 years ago / 1798 Views

Generasi milenial adalah generasi yang tumbuh di tengah-tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi. Maka dari itu, tidak heran jika para pekerja yang datang dari generasi ini memunculkan banyak individu inovatif yang diincar berbagai perusahaan. Walaupun gaji tinggi dan kompensasi finansial lain masih menjadi hal utama yang mendasari pilihan karier, hal ini sama sekali tidak menjamin jika pegawai dalam kelompok generasi ini akan tetap setia di satu tempat yang sama selama bertahun-tahun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Deloitte mengenai isu loyalitas pada karyawan generasi milenial, responden mengungkapkan beberapa faktor mengenai tempat kerja ideal yang membuat mereka loyal terhadap perusahaan. Apa sajakah faktor-faktor tersebut?

Selalu up-to-date Dengan Teknologi
Sebagai generasi yang tumbuh di era perkembangan teknologi yang sangat cepat, mereka pastinya membutuhkan suatu teknologi khusus untuk membuat pekerjaan mereka lebih efisien dan mengurangi hal-hal administratif. Contohnya:

  • Web- web intranet yang saat ini hanya bisa diakses dikantor/ store ke depannya dapat diakses dimana saja.
  • Diberikan akses wi-fi ke seluruh pengunjung Gedung Kawan Lama tanpa menggunakan password/ proses pengajuan approval atasan.

Keseimbangan Dalam Bekerja (work-life-balace)
Kebijakan jam kerja yang fleksibel dan kesempatan untuk bekerja dari tempat lain (remote-working) juga dapat meningkatkan kepuasan kerja pegawai dari generasi ini. Sebagaian besar responden berharap mereka bisa menentukan sendiri jam kerja mereka sendiri. Mereka percaya kalau produktivitas mereka akan meningkat jika dipercayakan dengan kebebasan untuk mengatur jadwal dan lokasi kerja sendiri.
Krishna Malik, Brand Activation Kawan Lama Retail, sebagai salah satu karyawan milenial, mengungkapkan beberapa proses administrasi di Kawan Lama Group sudah cukup baik berdasarkan sistem. Ia berharap ke depannya semakin banyak hal yang saat ini masih administratif dan melalui prosedur yang cukup panjang dapat dipermudah dengan kecanggihan teknologi.Saat ini, sudah dijalankan flexible working hour oleh perusahaan walaupun jam masuk kerja masih dibatasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Reza, Public Relations Officer Kawan Lama Group menanggapi kebijakan Flexible Working Hour di Head Office saat ini cukup efektif, khususnya bagi rekan- rekan yang jam kerjanya mengharuskan pulang larut. Keesokan paginya mereka mempunyai waktu yang lebih panjang untuk beristirahat.

Galuh, Management Trainee batch 1 PT. Ace Hardware Indonesia, Tbk sangat mengapresiasi komunitas – komunitas kekaryawanan yang ada di Head Office, khususnya komunitas olahraga seperti Aerobic untuk karyawati, badminton, futsal, dan basket. Hal ini menunjukkan betapa besar perhatian management atas kesehatan para karyawannya. Memiliki karyawan yang sehat dan bugar merupakan investasi perusahaan untuk menunjang perkembangan bisnis yang selalu berinovasi. Salah 1 inovasi yang dapat dilakukan untuk mendukung work-life-balance yakni dengan penyediaan fasilitas gym bagi karyawan. Dengan demikian, karyawan dapat berolahraga di waktu yang lebih fleksibel dengan tidak melanggar jam kerja.

Menghadirkan Suasana Kerja yang Nyaman
Sudah bukan rahasia, karyawan menuntut suasana kerja yang nyaman, dan generasi Millenial tentu saja termasuk kelompok yang menuntut hal yang sama, bahkan lebih. Suasana yang dimaksud dapat berupa fasilitas maupun tim dimana mereka dapat bekerjasama. Mereka ingin bekerja dengan baik, mengetahui banyak hal dan melek teknologi. Mereka akan sangat menghargai tim kerja yang inovatif dan menghasilkan ide- ide kreatif, menantang dan tidak berpolitik kantor. Tidak dipungkiri, siapapun yang mengunjungi Kawan Lama Head Office akan merasa kagum dengan suasana dan fasilitas yang ada.

M Zafriannas Arrahim, Management Trainee batch 1 PT Home Center Indonesia, menambahkan bahwa kenyamanan gedung saat ini mungkin dapat lebih disempurnakan lagi dengan jelasnya dan transparannya jenjang karier karyawan. Kaum millennial akan sangat loyal bekerja jika mereka menemukan tempat yang dapat mendukungnya untuk berkembang dan maju. Mereka sangat menyukai tantangan untuk mengaktualisasikan kemampuan mereka. Nah, begitulah kira- kira tempat kerja yang ideal menurut penelitian dari Deloitte dan saran dari para karyawan millenials Kawan Lama Group.

Latest News