Tips Bersepeda Aman dan Terhindar dari Bahaya

3 years ago / 4412 Views

Hobi bersepeda sangat menyenangkan dan bagus untuk kesehatan Anda. Untuk menghindari bahaya berkendara, Anda perlu melakukan beberapa tindakan untuk membuat setiap perjalanan Anda seaman mungkin. Meskipun jutaan orang menikmati naik sepeda setiap hari, tetapi faktanya kecelakaan berkendara sepedapun cukup banyak terjadi. Sebelum kejadian buruk terjadi pada Anda ketika bersepeda, ayo cegah dengan tips keselamatan berikut.

Selalu kenakan helm sepeda di setiap perjalanan, meski perjalanan jarak dekat dan di lokasi yang aman sekalipun ‘safety first’. Biasanya banyak pengendara sepeda sekitar 85% meninggal akibat cedera kepala. Tahukah Anda lebih dari 18% pengendara sepeda berusia 16 tahun ke atas meninggal akibat kecelakaan bersepeda karena tidak memakai helm? Dan kebanyakan hal itu terjadi bukan akibat dari kecelakaan antar kendaraan bermotor. Singkatnya, musibah dan kecelakaan itu dapat terjadi kapan saja dengan kondisi seperti apapun. Jadi, selalu sedia payung sebelum hujan, alias selalu utamakan keselamatan sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

(sumber: zientziakaiera.eus)

Terlihat. Gunakan pakaian yang terang sebagai penanda agar pengendara lainnya tahu keberadaan Anda di jalan. Anda juga bisa menggunakan bendera untuk menjaga jarak antara Anda dan kendaraan lainnya. Usahakan untuk bepergian ketika langit masih terang, dan jika Anda akan bersepeda ketika gelap, lengkapi sepeda Anda dengan lampu, bel dan kaca spion untuk keamanan yang lebih maksimal.

(sumber: safebee.com)

Pilihlah waktu bersepeda dengan saksama. Bila memungkinkan, hindari bersepeda pagi dan sore hari dalam kurun waktu berjam-jam. Cuaca buruk juga dapat menurunkan jarak pandang dan berdampak negatif pada cara berkendara Anda.

(sumber: pinterest.com)

Patuhi peraturan lalu lintas. Sepeda juga harus mengikuti peraturan lalu lintas sama seperti kendaraan lainnya. Berkendara ke arah arus lalu lintas, lambaikan tangan Anda sebagai sinyal sebelum belok, taati lampu lalu lintas. Tetap waspada jika berada di samping mobil karena kita tidak tahu jika pintu mobil itu mendadak terbuka apabila orang di dalamnya tidak menyadari kehadiran Anda. Perhatikan juga jalan ketika menyebrang atau saat di perempatan jalan, tengoklah kiri kanan terlebih dahulu.

(sumber: londonist.com)

Tip keselamatan lainnya: Kenakan sepatu yang melindungi kaki Anda - bukan sandal. Bawa botol minum untuk persediaan perjalanan Anda, karena jika Anda dehidrasi, bisa menyebabkan kantuk, pusing, lemas, dll yang dapat menyebabkan celaka. Jika angin sedang kencang, gunakanlah juga jaket agar tidak masuk angin.

Bingung mencari pelengkapan sepeda? Yuk cek selengkapnya di bikecolony.com dan ruparupa.com! Jika Anda ingin bersepeda aman di Jakarta, berikut 5 Lokasi Bersepeda Paling Aman & Nyaman di Jakarta.

Latest News