Tips Mencari Penginapan Murah Menurut Travelblogger

1 year ago / 627 Views

Salah satu mitos terbesar mengenai traveling adalah kita harus menjadi orang kaya terlebih dahulu untuk bisa traveling. Tentu ini sama sekali tidak benar. Traveling menjadi mahal karena Anda sendiri yang memilih untuk membuatnya seperti itu.

Hotel mewah memiliki budget yang besar untuk diiklankan di mana-mana. Jadi, kita mengasumsikan bahwa hotel adalah satu-satunya pilihan penginapan di luar sana. Namun pada kenyataannya ada banyak sekali tempat penginapan murah, bahkan tempat tidur yang nyaman ketika traveling. Berikut ini adalah tips tempat penginapan murah dari travelblogger yang bisa Anda terapkan dalam traveling Anda berikutnya.

1. Hostel Backpacker / Asrama

(sumber: backpackerguide.nz)

Hostel backpacker adalah pilihan populer bagi para traveler yang on budget. Kamar tidur & kamar mandi yang digunakan bersama-sama traveler lainnya dapat membantu menjaga biaya tetap rendah. Kamar asrama ini rata-rata bisa menampung 4-10 orang, dan sering dilengkapi dengan tempat tidur susun. Tetapi jangan takut, loker pribadi juga tersedia untuk mengamankan barang-barang pribadi Anda agar tidak tercampur oleh barang milik orang lain. Sarapan seperti roti dan sereal biasanya disediakan juga.

Selain murah, hostel memberikan suasana yang sangat sosial bagi sesama backpacker untuk berinteraksi satu sama lain. Sebuah dapur umum dan ruang tamu membantu memfasilitasi hal ini. Banyak asrama yang memiliki beberapa kamar pribadi untuk mereka yang menginginkan sedikit privasi tetapi dengan suasana sosial.

Tips:

  • Hindari hostel yang tidak menyediakan loker untuk menyimpan barang berharga Anda
  • Penyumbat telinga & masker mata akan membantu mengatasi kebisingan dan cahaya agar bisa tidur dengan tenang
  • HostelBookers & Booking.com adalah situs yang bagus untuk mencari hostel yang Anda iginkan

2. Guest House

(sumber: decorpad.com)

Guest house atau hotel yang sangat on budget ini menyediakan kamar sederhana dan terjangkau tanpa fasilitas atau pelayanan seperti hotel mewah. Dibandingkan dengan sebuah asrama, di sini Anda akan mendapatkan kamar pribadi yang sedikit berukuran lebih besar tapi dengan interaksi sosial yang lebih sedikit. Dapur dan sarapan pagi juga tidak selalu tersedia.  

Sama seperti hostel, kualitas tempat-tempat ini bisa sangat bervariasi. Di beberapa lokasi hostel tidak tersedia. Tapi biasanya terdapat banyak wisma murah di sekitar sini.

Tips:

  •    Selalu minta untuk melihat ruangan terlebih dulu
  •    Pastikan jendela & pintu aman
  •    Booking.com adalah situs yang bagus untuk mencari guest houses

3. Rumah / Apartemen Sementara

(sumber: airbnb)

Jika seseorang memiliki kamar lebih di rumah mereka, atau memiliki apartemen yang tidak mereka gunakan, mereka suka menyewanya kepada traveler setiap hari, mingguan, atau bulanan. Rumah/ apartemen ini biasanya dilengkapi perabotan lengkap yang mencakup dapur hingga semuanya dengan harga yang on budget.

Salah satu keuntungan tinggal di rumah / apartemen sementara ini adalah sensasi rasa tinggal di rumah namun tetap berbeda dan letaknya yang jauh. Interaksi yang baik dengan tetangga setempat membantu Anda menghargai apa sebenarnya yang ingin Anda alami di negara atau kota  ini, meski hanya untuk waktu yang singkat.

Tips:

  • Pilihlah tempat yang sudah direview oleh banyak orang, sehingga Anda bisa tau penilaian dari pelanggan yang sebelumnya
  • Teliti dalam memilih lokasi dan kendaraan sekitar yang dapat dijangkau
  • AirBnB adalah situs yang direkomendasikan dan terpercaya untuk meyewa rumah / apartemen sementara

4. Homestay Lokal

(sumber: asia-city.com)

Jika Anda tertarik untuk belajar lebih banyak tentang budaya seseorang saat bepergian ke negara baru, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dengan tinggal di homestay. Homestay lokal adalah ketika sebuah keluarga menyewakan kamar tidur lebih untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan kesempatan untuk mengajari Anda tentang gaya hidup mereka. Homestay biasanya memberikan sarapan pagi dan mungkin juga makan malam.

Tantangan dari tinggal bersama keluarga lokal adalah Anda pasti akan mengalami masalah bahasa. Tetapi, keuntungannya Anda bisa mempelajari bahasa lokal tersebut  lebih mudah karena keluarga lokal biasanya akan senang untuk mengajari Anda.

Tips:

  • Jika host Anda tidak berbicara bahasa Anda, gunakan bahasa isyarat dan gambarlah untuk berkomunikasi.
  • Periksa apakah homestay Anda sudah termasuk makanan, dan berapa kali dalam sehari
  • Cobalah untuk open-minded dan mau belajar dari host lokal Anda

5. Berkemah

(sumber: eturnbonews.com)

Jika Anda ingin mendekarkan diri dengan alam saat traveling, berkemah di alam terbuka sangatlah menyenangkan. Bahkan, banyak juga beberapa tempat alam terbuka yang biasanya sering dikunjungi oleh turis menjadi tidak gratis gratis lagi, alias bayar.

Dengan tenda atau tempat tidur gantung, Anda bisa bebas berkemah di mana saja dan akan selalu memiliki tempat untuk tidur, jadi akan sangat aman. Untuk pengalaman yang lebih menantang, cobalah pergi ke tempat terpencil yang mungkin dihindari oleh para turis karena kurangnya akomodasi.

Tips:

  • Pastikan Anda memiliki sumber air di dekatnya
  • Hindari berkemah di tempat yang dilarang
  • Jauhkan makanan dari tempat tinggal Anda, sebaiknya di pohon
  • Hormati lingkungan dan jangan meninggalkan sampah atau bahkan merusak lingkungan

Latest News